BJO eMarketing Bulleting Edisi 48

  SPONSOR PLATINUM (Rp. 700.000) 
Berikut Bannernya (L:370 pixels X T: 40 pixels) 

Selamat jumpa kembali [ ],

Segala sesuatu telah berubah, kadang berubah dengan cepat. Begitu juga hal itu terjadi di dunia maya. Teknik pemasaran yang dulu efektif telah berkurang, Namun kurang diperhatikan oleh banyak pihak. Mr. Bob Julius Onggo akan mengupasnya.

Begitu pula Pak Rahmat akan menguraikan bahwa keberhasilan dalam dunia emarketing membutuhkan upaya, dan tidak asal-asalan.

Silahkan disimak dan dipelajari dengan saksama. 

Kasih tahu rekan Anda yg lain yang belum membaca edisi 48 ini.

Berikan link ini :

mailto:bjotips@getresponse.com?subject=Tutorial48 

Atau email artikel ini ke teman Anda, Klik di Sini!

Salam,

Putri Paquita
Publishing Coordinator

---- o0o ----

Daftar isi Artikel :

1. "Bagaimanakah Memanfaatkan Taktik Pop-Up Marketing di Situs Web?"

2. "Informasi, Edukasi, dan Nilai sebagai 
senjata eMarketing
"

3. Anda Ingin turut meramaikan dunia eMarketing? Silahkan masukkan Artikel di BJO ezine ini? dan dapatkan BONUSnya

4. Informasi Bulletin/Tutorial/Unsubscribe

 

Jumlah Pembaca : 
XXXX Orang

Indonesia's #1 eMarketer
Bob Julius Onggo
Editor in Chief


SPONSOR GOLD

Banner Teks/Gambar
berikut sales wording
(L:230 x T: 77 pxl)
Rp. 350.000,-

Banner Teks/Gambar
berikut sales wording
(L:230 x T: 77 pxl)
Rp. 350.000,-

Banner Teks/Gambar
berikut sales wording
(L:230 x T: 77 pxl)
Rp. 350.000,-


SPONSOR SILVER

Maksimum 8  Baris (tanpa teks seperti di bawah ini) Anda bisa menyertakan email, telepon, faks, nomor Ponsel atau URL situs web Anda
Rp. 250.000,-

Maksimum 8  Baris (tanpa teks seperti di bawah ini) Anda bisa menyertakan email, telepon, faks, nomor Ponsel atau URL situs web Anda
Rp. 200.000,-

Untuk Informasi Sponsor silahkan hubungi kami di email ini

SPONSOR BARIS ada di bagian bawah, silahkan lihat!  

 

--------------------------------------------------------

"Bagaimana Memanfaatkan Taktik Pop-Up Marketing di Situs Web?" 

Oleh : Bob Julius Onggo*

Iklan dalam bentuk pop-up mudah ditemukan di dunia maya. Iklan jenis ini membuat banyak pengunjung merasa muak dan 72,4% pengunjung sungkan menunggu untuk melihatnya. 

Riset yang dilakukan oleh Jupiter Media Metrix yang dilakukan di bulan Juni tahun lalu menunjukkan bahwa 41 persen dari responden mengatakan bahwa pop-up itu sangat mengganggu dan mempengaruhi keputusan mereka untuk berkunjung lagi. Riset yang sama juga dilakukan baru-baru ini, ternyata hanya 23 persen responden yang menyatakan bahwa pop-up adalah salah satu hal mengapa mereka mau berkunjung lagi. 

Alasan inilah mengapa suatu situs web korporat jangan di-hosting di situs hosting gratis seperti geocities, hypermart, dan sejenis, karena mereka akan memunculkan iklan-iklan pop-up yang tidak diinginkan. Itulah sebabnya software-software gratis penghambat pop-up juga diminati oleh mereka yang sering berselancar di dunia maya.

Akhir dari Pop-Up?
Karena itu, taktik pop-up yang dapat kita lakukan seperti yang sudah dilakukan AOL, Earthlink, dan MSN adalah sebagai pengganti atau menggurangi penggunaan pop-up dengan promosi pop-up yang berfokus pada content dan news yang ditujukan untuk member tertentu berdasarkan permission mau menerima content dan news tersebut. 

Sehingga mereka hanya menggunakan 2 hingga 3 persen saja dari seluruh taktik pemasaran online di dunia maya. Jadi untuk situasi-situasi khusus seperti inilah pop-up sangat besar pengaruhnya.

Bagi perusahaan-perusahaan yang mengerti profile dari target pengunjung mereka, dan tidak mengeluarkan pop-up secara tiba-tiba kepada siapa saja, maka mereka mendapati bahwa taktik promosi pop-up jenis ini sangat sangat efektif. 

Bayangkan pop-up muncul menawari 2 tiket gratis menonton di Twenty One, pasti ini akan menggoda siapa saja yang suka menonton untuk mengklik.
Jadi jelas para pengiklan akan tetap menggunakannnya. 

Namun perlu berlaku seimbang. 
Atau menggunakan jenis pop-up yang lebih canggih seperti penggunaan video, audio, atau iklan yang bergerak dari kiri ke kanan atau sebaliknya di sepanjang halaman web yang dilihat. Ini merupakan salah satu bentuk pengiklan yang lebih keren. Yang jelas beberapa pihak pengiklan di dunia maya sudah melihat peluang ini yang akan memberikan hasil promosi yang lebih efektif. 

Iklan-iklan yang memiliki content yang rich sudah dimanfaatkan sekitar 7 hingga 8 persen dari market sekarang ini, dan akan terus meningkat secara signifikan. Mengapa? Satu alasan adalah fakta bahwa audiens mendapati bahwa mereka sudah terbiasa dengan pesan-pesan komersial yang mirip TV dan skeptis terhadap iklan jenis banner dan pop-up. Itulah sebabnya mereka berupaya memanfaatkan hal ini untuk menggunakan bentuk yang lebih keren namun terbiasa. 

Kebangkitan dari Pop-Up
Iklan jenis pop-up bila digunakan seperti yang sudah diuraikan di atas akan sangat membantu untuk mendukung brand maupun prakarsa marketing, menarik perhatian pada suatu brand atau service. Yang jelas harus mirip dan relevan dengan kampanye pemasaran offline. 

Atau juga bisa digunakan pop-up seperti yang digunakan oleh situs web Travelocity. Lima pulau Hawaii muncul perlahan-lahan di layar komputer, kemudian iklan pop-up tersebut mengatakan, "Klik di sini jika Anda mau pergi ke sana." Dan kenyataannya sangat efektif. 

Agar penggunaan pop-up efektif, maka anggaplah pop-up seperti kepompong, demikian kata Buchwalter, senior analis dari Nielsen NetRatings. Artinya manfaatkan teknologi yang praktis yang berkembang dan aspek kreatif yang berpusat pada pop-up. Para pengiklan professional sedang mengerjakan hal ini. 

Mengefektifkan Pop-Up
Segala sesuatu cepat berubah. Hal yang baru menarik perhatian orang. Taktik promosi langsung yang dahulu populer belum tentu sekarang populer. Begitu pula halnya dengan tiga taktik pemasaran langsung (direct marketing) di dunia maya yaitu, iklan baris, banner, dan iklan pop-up. 

Dahulu ketiganya memiliki kontribusi yang tinggi dalam hal clickthrouh. Namun sekarang berubah. Namun agar tetap mempertahankan click yang tinggi, ketiga taktik tersebut dapat tetap digunakan, namun dengan menambahkan aspek dan modifikasi kreatifitas dan trik, maka Anda akan mendapati bahwa pop-up dan saudaranya akan tetap memberikan hasilnya.

Karena itu, jika untuk situs web yang isinya gado-gado, jangan terapkan iklan pop-up secara masal yang berbasis interruption marketing dan membabi buta, namun hanya ditujukan kepada pengunjung yang targeted saja yang masuk ke suatu halaman situs web atau mereka yang ingin mendapatkan informasi dan pop-up yang dimunculkan (permission marketing).

Taktik seperti ini sebenarnya sudah diterapkan oleh situs-situs web yang hanya membidik pasar tertentu (nich market) dengan minat yang spesifik.
Kedua dengan mengikuti asumsi di atas, tekankan pada pop-up yang mengandung copywriting yang menekankan manfaat dan mengundang sebaliknya daripada gambar dan design yang berat mengingat pasar di Indonesia lebih banyak menggunakan akses dial-up dengan kecepatan koneksi di bawah 20 bps.

---
Mengenai Bob Julius Onggo dapat dilihat di:
http://www.bjoconsulting.com/bjo/index.htm 

"Informasi, edukasi, dan nilai sebagai 
senjata eMarketing"

Oleh : Rahmat*

Menurut Anda apa tujuan orang membuka internet? Kebanyakan orang membuka internet untuk mencari informasi, ilmu, atau hal lain yang bermanfaat. Kita
bisa memanfaatkan fenomena ini untuk pemasaran secara Online, baik untuk perusahaan Anda maupun untuk bisnis Anda sendiri (jika Anda belum punya
bisnis bisa memilih bisnis online pada kursus saya, "Ide-ide Bisnis Online",kirim email  ke gabung-bjo@biz-online). 

Setiap orang akan memiliki suatu pengetahuan, apa pun itu. Dan Anda harus tahu bahwa pengetahuan yang Anda miliki tidak dimiliki oleh semua orang,
oleh karena itu bagilah dengan orang lain karena saya yakin ada orang lain akan tertarik terhadap pengetahuan Anda. Contohnya ialah buletin yang sedang Anda baca ini, juga serta kursus buletin yang saya kelola (gabung-bjo@biz-online.cjb.net dan  gabung-bjo@motivasi-islami.cjb.net) hampir setiap hari ada subscriber baru. Silahkan Anda bergabung jika
berminat, GRATIS.

Ada tipe orang yang merasa tidak mempunyai keahlian atau pengetahuan spesifik, dia tidak tahu apa yang bisa dia tulis. Sebenarnya dia bisa mengatasinya jika dia mengalami hal semacam itu, dengan beberapa trik
sederhana dia bisa menghasilkan suatu pemahaman lengkap terhadap suatu masalah, seperti dengan brainstorming, mind maping, penelusuran secara
sistematik, dan sebagainya yang telah banyak dibahas oleh berbagai buku. 

Mungkin setelah Anda coba menggali apa sebenarnya keahlian Anda yang spesifik Anda akan menemukan berbagai kekurangan atau Anda menjadi sadar
bahwa ilmu yang Anda miliki selama ini belum lengkap. Inilah saatnya Anda melengkapi pengetahuan Anda dengan membaca buku, bertanya, dan sebagainya.

Berikut beberapa strategi memanfaatkan pengetahuan atau ilmu untuk melakukan pemasaran.

1. Menulis ebook gratis.
2. Menjadi pelatih atau instrusktur kursus online.
3. Mengelola buletin atau majalah online (e-zine) 
    seperti BJO Consulting ini.
4. Menulis atrikel di buletin atau web site orang lain
5. Aktif di forum diskusi online (Anda harus membuat 
    signature untuk menarik orang lain)

Terutama untuk ebook gratis merupakan alat promosi yang sangat baik, ebook bisa menyebar dengan sendirinya. Pemasaran seperti ini disebut dengan viral
marketing. Ada beberapa trik dan tip agar ebook menjadi alat pemasaran yang ampuh.

1. Isi dari ebook harus informatif, edukatif dan bernilai, intinya semua orang suka atau membutuhkan ebook tersebut.
2. Tuliskan pada ebook tersebut bahwa ebook kita boleh disebarkan dengan gratis
3. Melakukan aliansi dengan beberapa pebisnis lainnya untuk menggunakan ebook yang sama sebagai media promosi. Aliansi ini akan sangat membantu

Penyebaran ebook tersebut. Jika satu orang mampu menyebarkan ebook ke 1.000 orang, maka jika disebarkan oleh 5 orang akan mencapai 5.000 orang.

Suatu kerja sama saling menguntungkan bukan? Jika Anda tertarik Anda bisa menggunakan ebook saya, "Membangun Bisnis Online" untuk digunakan sebagai
alat pemasaran Anda. Silahkan Anda download ebook tersebut. 

Petunjuk untuk mengakses ebook tersebut bisa Anda dapatkan setelah bergabung dengan kursus "Ide-ide Bisnis Online". 

Ebook dan kursus GRATIS untuk Anda.

***************************************

Rahmat,
Penyusun ebook "Membangun Bisnis Online"
Penulis kursus online GRATIS "Ide-ide Bisnis Online",
gabung-bjo@biz-online.cjb.net
Redaksi Buletin Mingguan Motivasi Islami, gabung-bjo@motivasi-islami.cjb.net


SPONSOR BARIS

Untuk Sponsor baris, Anda dapat mempersilahkan menuangkan kata-kata promosi Anda paling tidak 4 atau 5 baris, (seperti kalimat contoh ini) no. Telp/Faks, Hp, Email dan URL situs web atau lokasi alamat Anda.
(Rp. 200.000,-/ untuk 2 X penempatan di Newsletter Elektronik termasuk di arsipnya, dan GRATIS SATU SPOT PENEMPATAN)

--- o0o ---

Untuk Sponsor baris, Anda dapat mempersilahkan menuangkan kata-kata promosi Anda paling tidak 4 atau 5 baris, (seperti kalimat contoh ini) no. Telp/Faks, Hp, Email dan URL situs web atau lokasi alamat Anda.
(Rp. 200.000,-/ untuk 2 X penempatan di Newsletter Elektronik termasuk di arsipnya, dan GRATIS SATU SPOT PENEMPATAN)

bagaimana komentar Anda tentang dua artikel tulisan di atas? Silahkan masukkan komentar Anda ke saya.

3. Anda Ingin turut meramaikan dunia eMarketing? Anda punya ulasan menarik ttg Internet Marketing untuk di BJO ezine ini? silahkan layangkan tulisan artikel Anda seputar eMarketing maupun eBisnis dan kirimkan ke subscription@bjoconsulting.com sehingga tulisan Anda pun dapat dibaca oleh ribuan pembaca di seluruh Indonesia

dan BONUSnya, akan kami berikan link ke produk/bisnis online
Anda. Kami tunggu partisipasi Anda.

4. Informasi Buletin, dan Langganan

Untuk berhenti tidak lagi membaca BJO E-Marketing Bulletin, silahkan kirim email kosong Anda ke :

mailto:berhenti@getresponse.com?subject=unsubscribe

 
 

Copyright 2001 - 2007, BJO Consulting