BJO eMarketing Bulleting Edisi 97

  UNLIMITED WIRELESS hanya Rp. 245.000,- per bulan saja - unlimited, wireless, up to 64 kbps, bisa pake modem ponsel GSM + Kabel, gratis 25 Mb mailbox, info lihat di centrin.net.id 
home

Salam pembaca budiman di edisi 97,

Memiliki kredibilitas bukanlah hal yang mudah. Sekali kredibilitas Anda rusak, maka sulit untuk kembali menumbuhkannya. Karena itu jangan lewatkan artikel berikut ini soal mendapatkan kredibilitas.

Bagaimana bauran dalam Marketing Mix, marketing mix dalam dunia fisik dan marketing mix dalam implementasi pemasaran di dunia online? Mari kita simak penjelasannya di edisi 97 ini.

Putri Paquita
Publishing Coordinator

---- o0o ----

Daftar isi Artikel :

1.
"BAGAIMANA MENDAPATKAN KREDIBILITAS"

2. "PERGESERAN DALAM MARKETING MIX"

3. Anda Ingin turut meramaikan dunia eMarketing? Silahkan masukkan Artikel di BJO ezine ini? dan dapatkan BONUSnya

4. Informasi Bulletin/Tutorial/Unsubscribe

Jumlah Pembaca : 
9123
Orang

Hadirilah SEMINAR :

EMAIL IS MY SALESMAN

25 MEI 2007/Jumat
di JDC - Slipi Jakarta
13.00 - 17.00

Hub/Kontak :
CHANGETOSUCCEED
 021-6332086
Hp : 08161978114

Coming UP
NEW BOOK!
GOOGLE IS
MY SALESMAN


SPONSOR GOLD & MEDIA BARTER 


SPONSOR SILVER

PEMBENAHAN MANAJEMEN Dapat dipertimbangkan lewat kami dari PT Total Quality

DISCOVER HONGKONG
Berbagai paket liburan ke Hongkong yg sangat hemat dapat diperoleh segera di sini!

Ada masalah Hubungan SUAMI-ISTERI? Silahkan lihat apa yang bisa kami bantu di OnClinic Indonesia

Sewa alat interpreter yang canggih ke kami saja untuk tamu tamu asing

ingin Liburan HEMAT? Dapatkan berbagai paket liburan dengan harga sangat miring dan HEMAT, lihat info berbagai tempat destinasi liburan di airasia.com

CDMA ON, GSM ON Satu ponsel, dua-duanya on, mungkinkah? lihat di sini

TERBANG DENGAN VALUAIR HARGA FANTASTIS dengan VISA mulari dari
USD39
sekali jalan
jakarta ke singapura, info!

 

 

 

 

 

 

 

 

--------------------------------------------------------

"BAGAIMANA MENDAPATKAN KREDIBILITAS"

Oleh : Semmy Wijayanto *

Salah satu kesulitan di dalam menjalankan internet marketing adalah Bagaiman orang mengenal kita dan kita mendapatkan kredibilitas.

Itulah salah satu kesulitannya.

Terkadang kita berfokus pada bagimanakita membuat produk bagimana kita membangun trafik, tetapi jika kredibilitas kita di pertanyakan. Hasil penjualan kita nol. Tidak ada yang mau membeli dari kita.

Salah satu cara agar kita lebih mudah di kenal di dunia
internet adalah dengan menulis artikel-artikel di enzine article . Kita membuat artikel-artikel yang kita kuasai dan yang berhubungan dengan produk yang kita jual. Dengan demikian banyak orang yang membaca artikel-artikel kita.

Tentu saja di sertai dengan link web kita.

Dan di Indonesia banyak juga layanan yang mau menerima artikel-artikle kita. Salah satunya di Bjoconsulting. Dengan demikian jika orang-orang
sudah mengenal kita dan mereka percaya dengan kita. Karena apa yang kita tulis sesuai apa yang akan kita jual. Kurang lebih para calon nasabah mulai percaya kepada kita.

Oh ya, selain itu dengan menulis artikel-artikel di ezine kita juga dapat membangun traffic. Jadi keuntungan ganda deh! Go Indonesia.

Maju terus!
 

SEMMY WIJAYANTO
Pengelola http://www.indobizsuccess.com
 

"PERGESERAN DLM MARKETING MIX"

Oleh : AGUS SALIM*

 

Pada pemasaran konvensional dikenal bauran pemasaran (marketing mix) 4 P, yaitu Product, Promotion, Price, dan Place.

 

Keempat P tersebut menggambarkan bagaimana suatu produk (termasuk jasa) sampai ketangan konsumen, produk dibuat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, promosi dilakukan agar produk dikenal oleh konsumen, produk harus diberi harga yang layak, dan ada tempat agar konsumen dapat memperolehnya. Begitu juga dalam E-Marketing dikenal 5 P, yaitu Product, Promotion, Process, Presentation, dan Personalization. 

 

Kedua konsep tersebut masih ada persamaanya terletak pada Product dan Promotion. Hal ini menyiratkan bahwa ada produk yang ditawarkan kepada konsumen dan membutuhkan komunikasi agar pesan-pesan mengenai produk dapat diterima oleh konsumen.

 

Toko online tidak perlu kebijakan harga karena harga sudah ditetapkan oleh tangan pertama (lebih murah dari toko konvensional), tidak perlu gudang karena stok produk ada digudang pabrik/distributor (afiliasi). Perbedaan yang nyata terletak pada Process, Presentation, dan Personalization.

 

Proses menggambarkan bahwa toko online memajang produknya pada situs web dimana pengujung (calon pembeli) dapat memilih produk yang diinginkannya dengan harga yang sudah tercantum serta ongkos kirim (jika ada) kemudian memasukannya ke dalam keranjang belanja (add cart).

 

Cara pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kridit, debet tabungan, atau tranfer bank. Produk yang dibeli akan dikirim apabila transaksi sudah tercatat pada sistem toko online. Presentasi yang menarik dari situs web (teks, gambar, suara, video) akan memberikan citra yang positif bagi para pengunjung dan diharapkan mereka mau berlama-lama untuk mencari informasi.

 

Dan P yang terakhir adalah personalisasi, dimana perusahan melayani ke semua pelanggannya secara unik dengan melakukan pembedaan (difrensiasi) atau istilahnya one-to-one. Pelayanan yang bersifat pribadi akan memberikan perhatian yang lebih mengena dibandingkan pelayanan secara masal.

 

Tabel 1 : Pergeseran Bauran Pemasaran

No.

Bauran

Pergeseran

1

4-P

Product, Promotion, Price, dan Place

2

5-P

Product, Promotion, Process, Presentation, dan Personalization

3

2P + 2C+ 3S

Personalization, Privacy, Customer Service, Community, Site, Security, Sales Promotion

Perubahan atau pergeseran paradigma dalam E-Marketing memberikan keunikan dan karakteristik dengan bauran yang saling melengkapi untuk membangun pasar online yang lebih terarah.

Paradigma baru dalam bauran E-Marketing dirumuskan menjadi 2P + 2C+ 3S, yaitu :

Personalization : Pelayanan yang bersifat pribadi akan memberikan perhatian yang lebih mengena dibandingkan pelayanan secara masal,

Privacy : perusahan harus melindungi kerahasian data pribadi pelanggan dari orang-orang yang tidak bertanggun jawab,

Customer Service : aktifitas penting yang dibutuhkan dalam mendukung fungsi pelayanan atau transaksi terhadap pelanggan atau calon pelanggan,

Community : membangun komunitas dalam jaringan para pelanggan dimana mereka saling berinteraksi merupakan suatu yang penting dalam bisnis,

Site : Istilah yang popular adalah website, merupakan lokasi maya dalam media digital dimana para pelanggan atau pengunjung dapat mengunjunginya setiap waktu dan dari segala tempat,  

Security, Keamaman merupakan fungsi yang penting untuk meindungi data pelanggan yang disimpan termasuk sistem dari gangguan pihak yang tidak berkepetingan,

Sales Promotion, lazim digunakan dalam pemasaran konvensional merupakan sarana komunikasi yang baik untuk meraih jumlah taget penjualan.

Ditulis oleh :

Agus Salim (agus4x4@yahoo.com)
Dosen IBII +  Penulis Marketing dan TI


SPONSOR BARIS


Bagaimana TV Terkecil di dunia memeriahkan dan menambah pengalaman baru dalam menonton TV
-Best Design - Slim Fit TV - Natural Scan - Generasi TV Layar Datar, semua ada di sini

-----------

3GNET - Your gate to better and faster internet
Akses internet cepat tak terbatas Hanya Rp. 600.000,-/ bulan
Kontak : 021-5206890 email: sales@triplegate.net.id

-----------

Gratis berbulan-bulan, BONUS Pulsa 20% untuk setiap isi ulang FLEXI Trendy, Mana tahaaan. . .! Segera isi ulang flexi trendy anda agar komunikasi tetap lancar, karena promosi ini hanya berlaku hingga Juni 2005 

-----------

Belum lengkap bila presentasi atau pelatihan Anda tidak dilengkapan dengan peralatan visual seperti lcd projector maupun layar LCD, mengapa tidak rental lcd projector dan rental layar di kami saja.

bagaimana komentar Anda tentang dua artikel tulisan di atas? Silahkan masukkan komentar Anda ke saya (putri)

3. Anda Ingin turut meramaikan dunia eMarketing? Anda punya ulasan menarik ttg Internet Marketing untuk di BJO ezine ini? silahkan layangkan tulisan artikel Anda seputar eMarketing maupun eBisnis dan kirimkan ke email Putri di : putri@bjoconsulting.com sehingga tulisan Anda pun dapat dibaca oleh ribuan pembaca kami di seluruh Indonesia.

dan BONUSnya, akan kami berikan link ke produk/bisnis online
Anda. Kami tunggu partisipasi Anda.

4. Informasi Buletin, dan Langganan

Untuk berhenti tidak lagi membaca BJO E-Marketing Bulletin, silahkan tulis kata remove di bagian subyek email Anda ke email subscription@bjoconsulting.com

 

 
 

Copyright © 2001 - 2007, BJO Consulting