BJO eMarketing Bulleting Edisi 58

Outsourcing adalah salah satu cara untuk penghematan, Apakah Anda setuju dengan Outsourcing lewat yang satu ini?

home

Selamat jumpa lagi [ ] di edisi 58,

Hal-hal apa saja yang akan kita saksikan di tahun 2004 khususnya dalam dunia eMarketing?

Kali ini kita akan lihat kupasannya oleh Pak Bob Julius Onggo.

Dan kepada Pak Setio, saya pun ucapkan terima kasih atas sorotan artikel tulisannya tentang viral marketing untuk menjual sesuatu. 

Mari kita simak 2 (dua) artikel ringan namun menarik ini.

Oh ya jangan lupa kalau ada teman Anda yang ingin membaca artikel ini, maka bisa berbaik hati bisa diberikan link ini kepada mereka :

mailto:bjotips@getresponse.com?subject=Tutorial58 

Atau email artikel ini ke teman Anda, Klik di Sini!

Salam dan selamat baca,

Putri Paquita
Publishing Coordinator

---- o0o ----

Daftar isi Artikel :

1. "EZINE MARKETING - CIRI DARI TAHUN 2004?"

2. "MEMASARKAN PRODUK LEWAT VIRAL 
     MARKETING" 

3. Anda Ingin turut meramaikan dunia eMarketing? Silahkan masukkan Artikel di BJO ezine ini? dan dapatkan BONUSnya

4. Informasi Bulletin/Tutorial/Unsubscribe

 

Jumlah Pembaca : 
4827 Orang

Indonesia's #1 eMarketer
Bob Julius Onggo

SPONSOR GOLD


ingin baca?


ingin langganan?


SPONSOR SILVER

Anda ingin rental atau sewa fotocopy atau fotokopi untuk acara Anda, silahkan Hub : (021) 87908809 atau Hp: 0818 166148

Build New image in the New Year! Using only our 
exclusive & high quality pens. No. 1 online selling pen store.
Sale up to 20% off & free delivery. 100 % original.
Check out here!

Sudah maksimalkah "Direct MAIL" Anda? Coba kombinasikan dengan yang ini!

GENERAL MOTOR Indonesia kembali meluncurkan produk mobil terbarunya yaitu Chevrolet AVEO dan Chevrolet SPARK

BUTUH SEWA PROYEKTOR, LAYAR, LAPTOP, VIDEO KAMERA, ALAT-ALAT presentasi
serta DOKUMENTASI? silahkan SMS atau Call kami di 0818 166148
atau lihat di sini!

 

 

 

 

 

--------------------------------------------------------

"EZINE MARKETING - CIRI DARI TAHUN 2004"

Oleh : Bob Julius Onggo*

Tahun 2004 sudah kita pijak, dan saya tentu saja sangat antusias sekali dengan tahun 2004, semoga akan lebih mendatangkan kesuksesan bagi
para pemasar dan pebisnis yang lebih banyak mengandalkan media online apalagi  bagi mereka yang telah berhasil mengkombinasikan antara media online dan media offline.

Kita berharap pemerintah Republik ini mau menoleh dan menganggarkan infra struktur dan mendukung TI khususnya media internet agar lebih banyak masyarakat Indonesia lebih melek internet yang dapat digunakan untuk berwiraswasta.

Karena itu kita harus positif bahwa Indonesia suatu saat akan memiliki lebih banyak individu atau korporasi yang mampu memanfaatkan media online, walaupun tidak persis namun seperti kesuksesan di bawah ini.

Coba saja bagaimana di negara-negara yang masyarakatnya lebih melek internet, maka ekonomi mereka lebih terbuka secara global dan lebih mandiri serta memungkinkan mereka bekerja di rumah atau di mana saja dan menjadi pengusaha.

Hal ini nyata terlihat dari semakin banyaknya mereka yang suka terlibat dalam belanja online, berani menghabiskan USD2.95 miliar sebagaimana dilaporkan oleh Goldman, Sachs & Co., Harris Interactive dan 
Nielsen//NetRatings hanya dalam kurun waktu seminggu di minggu kedua di bulan Desember, sehingga ini merupakan kenaikan sekitar 48% dari tahun 2002 di minggu dan bulan yang sama.

Coba lihat bagaimana Amazon.com menurut Ecommerce Times mendapati bahwa Desember tahun 2003 adalah musim liburan yang paling aktif sepanjang 9 tahun debutnya dalam bisnis online. Di bulan Liburan
itu saja tepatnya mulai di minggu kedua, Amazon.com mengirim 1 juta paket ke seluruh dunia dan mendapat kunjungan lebih dari 10.000 pengunjung per menit.

Padahal apa yang terjadi dulu sama seperti dialami di Indonesia dalam hal kekurangan bandwidth dan server-nya yang kurang kuat atau terjadi error dan hang, dan keragu-raguan apakah barang yang dipesan akan benar-benar tiba atau tidak.

Era internet sekarang hendaknya tidak kita sia-siakan karena ini memudahkan beberapa aspek dalam hidup ini. Lihat saja beberapa penemuan yang memudahkan kita misalnya dalam mencari adalah situs pencari seperti Google atau direktori cari, Yahoo.

Begitu mudahnya mencari, kita lebih suka menggunakan Google dibandingkan buku kuning Yellowpages dalam mencari sesuatu barang atau informasi bahkan untuk wilayah lokal seperti se-JABOTABEK sekalipun.

Ya sangat mudah melakukan riset pasar, mencari kompetitor juga toko serta memeriksa berita-berita terkini maupun info tentang cuaca, dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan tempat lelang seperti ebay yang memudahkan kita ikut melelang dari rumah atau dari manapun saja.

Juga lihat situs web Napster yang merupakan situs jasa download musik berbayar yang terkenal. Maupun fasilitas lain yang gratis yang dimilikinya sehingga kita sendiri kehabisan waktu untuk memilih dan mendengarnya.

Belum lagi aspek favorit lain seperti saran komunikasi mulai dari Instant Messaging, ruang chat, seminar lewat web (webinar), dan lain sebagainya yang membuat kita semua terhubung lewat media internet dan saling bekerjasama dan bertukar info, ide, pendapat, pengetahuan dan bahkan perasaan kita. 

Gunakan perangkat komunikasi ini untuk tetap menjaga kontak dengan rekan-rekan bisnis atau pelanggan demi kelangsungan bisnis Anda serta menghemat waktu dan uang.

Sehingga untuk melakukan bisnis Anda tidak perlu harus selalu lewat telepon atau mendistribusikan memo atau membuat suatu pengumuman atau harus melakukan perjalanan hanya untuk menghadiri suatu seminar, semua itu dimungkinkan lewat media online yang satu ini, Internet.

Salah satu alat komunikasi yang paling penting adalah email. Pernahkah Anda membayangkan hidup dan berbisnis tanpa email? Coba pikirkan bagaimana kita memanfaatkan email dalam bisnis dan hidup. 

Contohnya adalah dengan email kita bisa mengkonfirmasi order, penyampaian dokumen, menjawab pertanyaan, mengingatkan suatu aktivitas, mengikuti suatu kursus atau membaca majalah atau suratkabar elektronik seperti ezine, menanyakan suatu produk, mengirimkan kartu elektronik, dan kartu terima kasih serta bahkan dapat membantu kita untuk melakukan follow-up sales bila dikombinasikan dengan autoresponders.

Email adalah aliran darah bisnis internet, Anda perhatikan bagaimana bisnis internet pada bangkrut adalah karena tidak bisa memanfaatkan dan memaksimalkan email dalam kombinasi dengan situs web.

Karena begitu esensialnya email, maka spam telah merusak martabat email, sehingga kita membutuhkan perangkat filter dan hukum yang membantu kita untuk mengendalikan inbox.

Hal ini nyata dengan adanya implementasi dari filter email dan hukum di tahun 2004 yang bakal mengembalikan martabat pemasaran lewat email. Karena itu emarketer yang sukses adalah yang menggunakan email berbasis persetujuan artinya yang orang telah meminta untuk mendapatkannya.

Di Amerika, -- kita tunggu di Indonesia -- telah dibuat hukum CAN-Spam yang dirancang untuk membantu mereka mendapatkan email yang diharapkan dan menghentikan email sampah yang tidak pernah mereka minta.

Lalu kunci kedua agar berhasil adalah email Anda harus membawa informasi yang memang dibutuhkan dan diinginkan oleh si calon pembaca/pasar.

Karena itu cara terbaik untuk mengirimkan informasi yang berharga dan menarik namun sekalian mempromosikan bisnis Anda adalah dengan menerbitkan ezine (majalah elektronik).

Dari sinilah Anda akan memiliki para pembaca yang loyal, yang akhirnya membeli dari Anda.

Dengan adanya kemajuan dari perangkat filter dan hukum CAN-Spam yang baru, maka tahun 2004, ezine akan menjadi sarana yang esensial bagi kesuksesan pemasaran lewat email. Pasar hanya akan mau menerima informasi yang targeted saja..

Karena itu apakah perusahaan Anda yang telah memiliki situs web mengembangkan dan menerbitkan ezine? Bila belum kinilah saatnya.

Oleh sebab itu, tahun 2004 adalah tahun ezine!

***************************************
* Mengenai Penulis :

Konsultan Bisnis dan Pemasaran di Era Ekonomi Baru yang memanfaatkan Media Internet, sekaligus penulis buku dan kolomnis, serta pembicara lokal dan regional

"MEMASARKAN PRODUK DENGAN
VIRAL MARKETING"

Oleh : Setio Budi Cahyono*

Hingga saat ini yang namanya "perang harga" terjadi hampir disemua produk, baik jasa maupun non jasa. Dibidang jasa misalnya saat ini sudah puluhan warnet yang gulung tikar karena kalah bersaing dalam hal layanan dan harga. Untuk produk non jasa misalnya saja buku, untuk mempertahankan kelangsungan usahanya banyak toko buku khususnya dikota-kota pelajar yang memberi potongan harga yang sangat tinggi dan akibatnya kalau tidak mampu bersaing akan gulung tikar juga. 
Letak kekalahan para pemilik usaha tersebut karena ditinggalkan konsumen, dan nampaknya sekaranglah saat untuk menerapkan atau mempertimbangkan Viral Merketing.

Viral Merketing sebenarnya menyerupai Multi Level Marketing yang merupakan perkembangan dari direct selling. Konsep Viral Marketing dijalankan dengan memberikan imbalan kepada konsumen, bila ia merekomendasikan kepuasan produk kepada konsumen berikutnya, tanpa ada kewajiban melakukan penjualan produk, tanpa ada kewajiban membina jaringan organisasi pemasaran.

Kini diIndonesia telah hadir BearBookStore perusahaan yang memasarkan produk berupa buku - buku, majalah dan pulsa handpone( tidak kurang dari 15 penerbit dan majalah ternama dan 2 operator GSM yang menitipkan produknya disini). Dan tidak menutup kemungkinan produk dalam kategori yang lain segera menyusul. Menutut pihak pengelola tidak kurang dari 50 konsumen rata-rata perhari mendaftarkan diri. 

Kalau kita coba menghitung 50 pendaftar perhari kali 30 hari maka sudah 1500 pendaftar perbulan. Satu tahun berarti ada 18.000 konsumen sekaligus tenaga marketing. Ia senantiasa mempromosikan produk kita dan juga menggunakan produk yang kita miliki. 

Sejauh pengamanat saya kelebihan yang ia miliki diantaranya adalah produk yang dijual sama dengan dipasaran, harga yang tetapkan juga harga resmi yang dikeluarkan relasinya, gratis pendaftaran, konsumen mendapatkan imbalan sampai urut ajak kedalaman 10), proses pendaftaran yang mudah, sistem bonus yang tidak berbelit-belit, gratis ongkos kirim 131 kota diindonesia, rencananya awal maret 2004 ia juga akan membuat terobosan baru yaitu dengan memberikan disc. 10% dari harga resmi masih ditambah bonus jaringansesuai ketentuan selama ini, dll. (pada awalnya perusahaan ini hanya didukung sekitar 3 penerbit buku).

Viral Marketing digunakan untuk memberikan kesempatan kepada konsumen guna mendapatkan rupiah. Karena saat ini sebagian besar yang menikmati rupiah dari iklan hanya Media cetak dan elektronik. Konsumen hanya ikut menikmati hasil dari iklan/promosi kalau produsen mengadakan undian dan inipun hanya beberapa orang saja yang memenangkan.

Peluang menggunakan Konsep Viral Marketing saat ini sangat bagus, karena Mengenai kualitas produk kebanyakan konsumen sudah menganggap semua berkualitas, bonus atau undian inilah yang sekarang menjadi daya tarik konsumen untuk pertimbangan membeli atau tidaknya suatu produk. Semakin besar peluang konsumen mendapatkan bonus maka antusias konsumen untuk menggunakan atau membeli produk tersebut juga semakin besar.

Bila saat ini anda memiliki produk pertimbangkanlah untuk memasarkannya juga lewat konsep viral marketing atau menitipkan produk anda keperusahaan yang telah menggunakan konsep Viral Marketing.

Bila anda saat ini seorang konsumen, kini saatnya menjadi konsumen yang mendapatkan bonus dengan mengalihkan belanja kebutuhan kita pada perusahaan yang menerapkan Viral Marketing.

Bila masih ingin mengetahui lebih lanjut apa itu viral marketing silahkan baca buku Kunci Emas rahasia membangun Kekayaan dan Kesejerteraan Karangan L.Y. Wiranaga, penerbit Gramedia atau Download filenya di www.kunciemas.com .

Setio Budi Cahyono
Peminat emarketing
kunciemas@telkom.net
 
www.kunciemas.com 


SPONSOR BARIS

BANK DANAMON - TABUNGAN DANAMON
Kini, Anda bisa membayar tagihan kartu kredit: Danamon, 
Citibank, HSBC, GE dan ANZ di ATM DANAMON
Hubungi Danamon Access Center, Jakarta (021) 3435 8888

-----------

K.H Abdullah Gymnastiar (Aa Gym ) membuka bisnis Syariah 
bernama MQ net. Informasi lengkap, silahkan kunjungi 
website kami di alamat http://www.MQbiz.com  

-----------

Anda butuh solusi baru bagi PERLINDUNGAN dan PERENCANAAN keuangan Anda, ZURICH menyediakan solusinya bagi Anda, karena itu silahkan hubungi TOLL FREE 0 800 1 880 088 

-----------

bagaimana komentar Anda tentang dua artikel tulisan di atas? Silahkan masukkan komentar Anda ke saya (putri)

3. Anda Ingin turut meramaikan dunia eMarketing? Anda punya ulasan menarik ttg Internet Marketing untuk di BJO ezine ini? silahkan layangkan tulisan artikel Anda seputar eMarketing maupun eBisnis dan kirimkan ke email Putri di : putri@bjoconsulting.com sehingga tulisan Anda pun dapat dibaca oleh ribuan pembaca kami di seluruh Indonesia.

dan BONUSnya, akan kami berikan link ke produk/bisnis online
Anda. Kami tunggu partisipasi Anda.

4. Informasi Buletin, dan Langganan

Untuk berhenti tidak lagi membaca BJO E-Marketing Bulletin, silahkan kirim email kosong Anda ke :

mailto:berhenti@getresponse.com?subject=unsubscribe

 
 

Copyright © 2001 - 2004, BJO Consulting