DEPAN  I  KISAH SUKSES  I  ARTIKEL LALU PERTANYAAN ANDA KURSUS EMARKETING  I  MESIN EMARKETING 

BJO eMarketing Bulletin Edisi 41

Selamat pagi, 

Tahun 2003 sudah di ambang pintu. Sebentar lagi kita harus menghadapi berbagai hiruk pikuk dan bisnis yang penuh saingan, apa lagi dengan diresmikannya Era Globalisasi.

Senang kembali kami menjumpai Anda, lewat dua artikel menarik. Salah satunya dikontribusi oleh Pak Taufan Surana dari BalitaCerdas.com tentang faktor UTAMA keberhasilannya bisnis via internet.

Dan artikel kedua ttg model bisnis dari Situs Pencari di Tahun 2003 dalam menghasilkan "revenue".

Karena itu, baiklah simak dan baca baik-baik artikel edisi yg ke 41 ini, dan jangan lupa beritahu rekan-rekan Anda agar mereka juga dapat membacanya serta mendapat manfaat yg sama pula,

Tolong berikan link email ini kepada teman Anda,

mailto:bjotips@getresponse.com?subject=eMarketing41 

Atau email artikel ini ke teman Anda, Klik di Sini!

Salam,

Putri P
Publishing Coordinator

Daftar isi artikel:

1. "9 Prediksi ttg Bagaimana Situs Pencari Mendapatkan Revenue di tahun 2003" - (by : Bob J O)

2. "Satu Faktor Utama dan Terpenting untuk Sukses di Internet Bisnis" (by : Taufan Surana)

3. Informasi Pembaca Tutorial BJO, Kontribusi Artikel dan Komentar Anda 

 

Total Readers : 3783 orang


Bob Julius Onggo
Editor in-Chief



Bagaimana
BERBICARA Bahasa Inggris secara CEPAT?
Hadirilah Seminar 
BATCH ke-3
 

"QUICK WAYS TO SPEAK & WRITE ENGLISH"

held at January 15, 2003, di Hotel Santika 
SLIPI - Jakarta

Organized by Indo BIZZ, more info pls contact :
 chandra123@centrin.net.id

or SMS to 0818 166148  

Butuh Sewa Proyektor dan Alat Presentasi untuk Meeting-meeting

dan acara-acara bisnis lainnya? untuk info silahkan 
SMS ke 0856 7858771 

Simak Artikel-Artikel Menarik Lainnya ttg Bisnis dan Marketing di kolom-kolom yang diasuh oleh Pak Bob Julius Onggo di :

Majalah Warta Ekonomi edisi 19 Des 2003;
dan
Majalah BisnisJakarta edisi Desember 2003
dan
Majalah BisnisKomputer edisi Desember 2003
dan
Majalah InfoKomputer 

Anda perlu JASA terjemahan atau interpreter untuk acara-acara Kantor Anda?
Kami memiliki 11 layanan bahasa, untuk info lebih
jauh silahkan email ke kami di : translation@obeqa.com 

Get more TIPS on how to SPEAK ENGLISH at our  http://www.obeqa.com

Kalau Bisnis Anda ingin kami SPOT di edisi berikutnya, silahkan ambil informasinya 
Klik Di sini  

1. "9 Prediksi ttg Bagaimana Situs Pencari Mendapatkan  
     'Revenue' untuk tahun 2003"

--- Oleh : Bob Julius Onggo

Memang aneh di Indonesia ini, media promosi dan pemasaran dengan memanfaatkan situs pencari tidak populer namun kebanyakan dari para pebisnis dan manajer pemasaran di Indonesia menggunakan situs pencari dalam upayanya mendapatkan berbagai informasi.

Populer atau tidak populer di negeri kita ini, baiklah saya ingin menguraikan 9 prediksi ttg bagaimana industri bisnis situs pencari mendapatkan revenue di tahun 2003 ke depan:

Prediksi#1. 
Industri Optimisasi Bisnis ke Situs Pencari akan Berkembang - 

Industri pemasaran yang memanfaatkan promosi dari situs pencari - untuk mendapatkan ekspos promosi yang maksimal - akan meningkat, mengingat 86% dari para pengguna Internet memanfaatkan situs pencari dalam mencari informasi apa pun. Oleh karena itu, penting sekali mempromosikan situs bisnis Anda ke situs pencari dan direktori web, untuk mendapatkan pasar yang sudah "tersegmen".

Prediksi#2. 
KEMITRAAN - 

Untuk dapat hidup, sudah hal yang lumrah adalah untuk bermitra, hal itu nyata dalam industri apa pun bahkan di Indonesia, karena itu situs pencari pun harus bermitra dengan situs pencari yang lain. Contohnya adalah Yahoo! Dengan Google! Mereka bermitra satu sama lain untuk kuat di pasar. Begitu pula kemitraan ini terjadi antara perusahaan online maupun offline khususnya antara situs pencari dengan perusahaan komunikasi maupun perusahaan media.

Prediksi#3
Meningkatnya Model Paid Submission - 

Mengingat kembali ke bulan November 2000, Looksmart adalah satu-satunya dari situs pencari utama dan direktori web yang meminta bayaran jika suatu situs web ingin diindeks. Baru sebulan kemudian Yahoo juga meminta bayaran untuk jenis pelayanan bisnis yang sama. Kemudian tahun 2002, tren harga untuk jenis pelayanan bisnis ini mencapai hingga USD 299, dengan demikian terciptalah suatu standar baru untuk kategori industri ini dan kemudian Yahoo! Membuktikannya dengan memperoleh pangsa pasar yang lebih besar sekaligus bermitra dengan pemain lain di industri yang sama (Looksmart).

Trennya bahwa pelayanan bisnis Paid Submission ini akan tetap dalam hal biaya untuk tahun 2003 juga. Namun tidak menutup peluang bahwa situs-situs pencari dan direktori lain pun akan mengikuti tren yang sama pula khususnya untuk kategori bisnis. Dan dalam hal ini, dapat diperkirakan Google akan menjadi yang pertama.

Prediksi#4. 
Ajal Bagi Para Spammer - 

para pelaku spammer, bukan hanya terjadi pada dunia email saja, namun juga dalam dunia situs pencari, akibatnya pencarian informasi yang kita lakukan seringkali tidak relevan, nah untuk mengatasi hal ini, Google belum lama memperkenalkan suatu halaman web yang berisi laporan tentang para spammer, di URL http://www.google.com/contact/spamreport.html sehingga orang dapat menilai kualitas dari situs web yang mereka cari di halaman index dari Google.

Hal ini pun memungkinkan siapa pun dapat memberikan nilai pada situs tersebut misalnya, apakah cukup memberikan informasi yang baik. 

Google dalam hal ini sebagai pemrakarsa untuk menutup jalan para para spammer di dunia situs pencari yang akan diikuti pula oleh situs pencari lainnya dalam waktu dekat.
Maka hasilnya pencarian akan lebih relevan dalam hal isi dan konteksnya khususnya untuk mulai tahun 2003 dan seterusnya.

Prediksi#5. 
Meningkatnya Model Pay For Performance (PFP) - 

Bila Anda mengingatnya setahun yang lalu, hanya ada beberapa situs pencari yang menawarkan model PFP, Anda lihat bukan betapa pentingnya PFP ini (termasuk Pay-Per-Click option, paid inclusion,
sponsored listing dan pembelian keyword). Hampir semua situs pencari utama sekarang menawarkan beberapa jenis pilhan PFP dan setiap kampanye SEO (search engines optimization) memiliki beberapa komponen PFP untuk mendapatkan hasil pencarian yg terbaik.

Terus terang saja, ini merupakan tren yang bakal terus meningkat yang akan diterapkan oleh situs pencari utama maupun direktori web dalam bentuk pilhan PFP, entah itu dilakukan sendiri (contohnya Looklisting dari Looksmart yg diperuntukkan untuk UKM) atau menggunakan mitra luar (misalnya Yahoo bermitra dengan Overture). Juga demikian halnya semakin banyak gaya SEO tradisional memanfaatkan PFP sejak tahun 2002 ini, karena manfaatnya dapat dirasakan oleh bisnis jenis UKM sekalipun dan kemunculannya di hasil pencarian tidak dapat disangsikan.

Prediksi#6. 
Kematian Bagi Salah Satu - 

Dalam industri apa pun, selalu ada yang menang dan ada yang kalah. Begitu juga dalam industri situs pencari akan ada yang mati entah itu di kategori situs pencari maupun di kategori direktori web. Dan mereka yang mati adalah yang tidak dapat memberikan hasil pencarian yang relevan dan terbaru kepada para pencari informasi.

Prediksi#7. 
Berpindah dari In-House ke Outsource - 

Mengoptimisasi situs bisnis Anda ke situs pencari tidak saja melibatkan teknik optimisasi tradisional, namun juga melibatkan manajemen PPC atau PFP, teknik penulisan (copywriting) suatu situs, melakukan riset suatu keyword, konsultasi pemasaran dan industri. Seraya metode optimisasi ke situs pencari merupakan hal yang kompleks dan memakan banyak waktu, karena itu semakin banyak perusahaan akan menggunakan pihak ketiga untuk melakukan optimisasi suatu situs bisnis untuk ditempatkan ke situs pencari, sebaliknya daripada melakukannya sendiri.

Sebab itu, tantangan bagi para spesialis promosi di situs pencari untuk menajamkan keahlian mereka terus menerus seraya perkembangan yang dinamis dari PFP, PPC sehingga mereka tetap kompetitif. 

Prediksi#8. 
Guncangan Dalam Industri Optimisasi Situs Bisnis ke Situs Pencari - 

Tahun-tahun ke depan menghadirkan tantangan, hanya mereka yang mengikuti trend ini dapat bertahan dan yang tidak akan punah ditelan oleh waktu itu sendiri.

Prediksi#9. 
Munculnya Teknologi-Teknologi Baru -
 

Seperti halnya di tahun-tahun yang lalu (penamaan domain bisa sampai 67 karakter, Ezula, Zeus, dan MS Smart Tags), diyakini pasti akan muncul beberapa perkembangan teknologi yang cukup signifikan di tahun 2003 dan seterusnya yang akan mempengaruhi peta bisnis situs pencari. 

2. "Satu Faktor Utama dan Terpenting untuk Sukses di Internet Bisnis"

Oleh: Taufan Surana

Anda mungkin akhir-akhir ini sering dibikin SHOCK dengan banyaknya berita tentang runtuhnya bisnis dotcom di tengah berkembangnya teknologi internet. Apalagi media masa menyorotnya seolah-olah masa depan internet bisnis tidak cerah lagi.

Jika anda mengikuti berita tentang internet, saat ini ada puluhan juta website yang meramaikan dunia internet, tetapi TIDAK LEBIH dari 5% dari seluruh website tersebut yang MAMPU memperoleh keuntungan dari internet bisnisnya.

Berita baiknya, di dalam 5% yang sukses tersebut ternyata kebanyakan adalah justru internet bisnis perorangan, SOHO (Small Office/Home Office), dan sejenisnya.

Ada SATU faktor PALING UTAMA dan TERPENTING untuk sukses di internet bisnis, tetapi faktor ini justru diabaikan oleh pebisnis besar yang akhirnya mengakibatkan runtuhnya bisnis dotcom mereka. Di lain pihak, satu faktor inilah yang menjadikan internet bisnis perorangan/SOHO sukses masuk di dalam 5% tersebut.

Dan tanpa bermaksud menyombongkan diri, internet bisnis kami, yang akan diceritakan sebentar lagi, telah berhasil berada di dalam kelompok 5% di atas.

Jadi, apakah SATU FAKTOR PALING UTAMA dan TERPENTING itu ?

Hanya 2 kata saja jawabannya, yaitu … NICHE MARKET!

Anda tentunya pernah mendengar kata ini, tetapi mungkin belum menyadari betapa powerfulnya efek yang dihasilkan dari penerapan kata-kata tersebut, karena saya telah merasakannya, dan ingin berbagi dengan anda melalui tulisan ini.

"Niche" pada pokoknya adalah sebuah kelompok orang/pasar dengan "area of interest" yang sempit/khusus di tengah pasar yang lebih besar.

Secara mudahnya, "niche marketing" adalah lawan dari "mass marketing". Mass marketing berusaha mencapai seluruh target pasar yang sangat besar tanpa memilih sebuah target khusus. Kegagalan bisnis dotcom biasanya disebabkan oleh ambisinya untuk menyediakan segala sesuatu untuk semua orang.

Sedangkan niche marketing memfokuskan pada produk yang KHUSUS dan TERFOKUS untuk target pasar yang SANGAT SPESIFIK..

Contoh yang nyata dan terdekat adalah internet bisnis saya di www.balitacerdas.com yang menyediakan informasi tentang perkembangan anak usia di bawah 3 tahun (batita) dalam bentuk buku elektronik (ebook) yang berjudul "3 Tahun Pertama yang Menentukan".

Jika anda mengunjungi website www.balitacerdas.com tersebut, anda akan tahu bahwa informasi yang ada adalah sangat spesifik dan terfokus HANYA untuk orang tua yang mempunyai anak batita, dan khusus tentang PERKEMBANGAN anak batita, tanpa membahas masalah penyakit/kesehatannya.

Hasilnya…, website tersebut telah berhasil menjadi mesin pencetak uang saya di internet !

Seperti itulah contoh niche market.

Jika anda pernah mengikuti kursus melalui email "eBook Magic!" di www.bukuelektronik.com , ada sebuah contoh cerita tentang produk untuk niche market di dalam seorang pegawai perusahaan jual/beli mobil bekas yang tidak disadari oleh orang tersebut.

-------
catatan:
Jika anda belum pernah mengikuti eCourse senilai Rp.59.000,- di atas, anda bisa mendaftarkan saat ini juga dengan GRATIS, KHUSUS untuk pembaca newsletter ini, dengan cara mengirimkan email ke magicebook@freeautobot.com 
-------

Contoh ilustrasinya, jika anda adalah seekor ikan kecil di kolam yang besar, hampir pasti anda akan dimakan oleh ikan yang lebih besar. Tetapi, jika anda adalah seekor ikan besar di kolam kecil, hidup anda akan jauh lebih nyaman, tanpa takut ada ikan yang lebih besar di kolam tersebut.

Jadi, untuk sukses di internet bisnis, pikirkanlah tentang niche market. Pikirkanlah untuk menjadi ikan besar di dalam kolam kecil.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana cara menemukan niche market di dalam diri anda di website www.bukuelektronik.com .

*********************************************
*Taufan Surana adalah seorang pelaku internet bisnis yang 
memulainya dari nol dan berhasil sukses dengan produk buku
elektronik (ebook) di www.balitacerdas.com . Informasi cara
sukses di internet bisnis telah dibukukan dalam bentuk ebook
"Rahasia Cara Membangun Internet Bisnis yang TERBUKTI
Mampu Menghasilkan UANG" di www.bukuelektronik.com 
*********************************************


3. Informasi Pembaca Tutorial BJO, Kontribusi Artikel dan Komentar


Bila Anda ingin memberikan komentar, atau ingin memberikan tulisan artikel menarik ttg eMarketing, silahkan gunakan email ini sbg korespondensi, email : subscription@bjoconsulting.com 

dan BONUSnya, akan kami berikan link ke produk/bisnis online
Anda. Kami tunggu.

Untuk berhenti tidak lagi membaca BJO E-Marketing Bulletin, silahkan kirim email kosong Anda ke :

mailto:berhenti@getresponse.com?subject=unsubscribe

 
 

Copyright © 2001 - 2002, BJO Consulting