DEPAN  I  KISAH SUKSES  I  ARTIKEL LALU PERTANYAAN ANDA KURSUS EMARKETING  I  MESIN EMARKETING 

BJO eMarketing Bulletin Edisi 39

Seperti yg [ ] perhatikan,

Banyak perusahaan merekrut dan membangun tim penjualan maupun agen-agen penjualan. 

Namun mereka lupa bahwa mereka tidak memanfaatkan kekuatan internet, walaupun mereka sudah menggunakan sedikit dari manfaatnya, seperti email, chatting, ICQ ke SMS dan situs web.

Karena itu manfaatkan bahwa Internet pun sanggup membangun agen-agen penjualan yang membantu mempromosikan produk atau bisnis Anda ke seantero nusantara bahkan internasional.

Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan membangun sistem afiliasi. 
Edisi kali ini akan mengupasnya.

Kasih tahu rekan Anda yg lain untuk membaca edisi 39 ini.

Berikan link ini :

mailto:bjotips@getresponse.com?subject=Tutorial39 

Atau email artikel ini ke teman Anda, Klik di Sini!

Salam,
Putri Paquita

Daftar isi Artikel :

1. Ttg e-Bisnis :

"Tujuh (7) Langkah Taktis untuk Sukses dalam e-Bisnis"

2. Ttg Afilliate Marketing :   

"Mengapa e-Bisnis harus Menerapkan Pemasaran Afiliasi"

3. Komentar atau Artikel Anda

4. Informasi Bulletin/Tutorial/Unsubscribe

Jumlah Pembaca : 
3733 Orang


Bob Julius Onggo
Editor in Chief

Ikuti Seminar kami :
"Building Online Sales 
Force 2003"

> 30 Okt 2002 <
> Hotel Santika - JKT <
Informasi Klik disini!


SPONSOR MEDIA


Bisnis Anda di bidang TI? Majalah BISNIS KOMPUTER medianya! Panduan tepat bagi kalangan industri dan pengusaha TI untuk berpromosi ekonomis sekaligus mendapatkan informasi produk TI terkini. Informasi Iklan dan Langanan.
Telp : (021) 6129546/848 atau email di sini!




Dicari Agen atau Perorangan untuk Outlet Penjualan Lampu NEON TL Energy Saving Lamp sejenis Philips TL di seluruh Indonesia Dengan harga PALING MURAH. 

Biaya Pengiriman 
sudah termasuk untuk wilayah JABOTABEK. 
Hubungi Langsung Pak Hadi Wijaya, di :
Hp 0816 1652997 

.
Simak Perbincangan ttg Seminar di RADIO ONE Jakarta, Hari Senin 28 Okt 2002 jam 11.00


Simak juga artikel-artikel e-Bisnis yang ditulis oleh Pak Bob Julius Onggo di Majalah Bisnis Jakarta dan eMarketing di Majalah InfoKomputer

Butuh Pelayanan Interpreter untuk acara-acara tertentu
dari perusahaan Anda? atau Pelayanan Terjemahan?
Kami menyediakannya pelayanan 11 bahasa asing untuk
memperlancar bisnis Anda, hub : translation@obeqa.com 

Kalau Bisnis Anda ingin kami SPOT di edisi berikutnya, silahkan ambil informasinya 
Klik Di sini  

Isi Artikel

Ttg E-BISNIS
      "Tujuh (7) Langkah Taktis untuk Sukses dalam  
       e-Bisnis".
                                     
Oleh : Bob Julius Onggo

Kebanyakan paradigma dari e-bisnis atau e-commerce selama ini dipengaruhi dan dikomandani oleh konsep-konsep dari dunia TI, padahal orang-orang TI bukanlah orang-orang bisnis.

Selain itu, fakta bahwa program e-bisnis dari kebanyakan perusahaan menitikberatkan HANYA pada sisi teknologinya saja dan proses bisnis itu sendiri. Namun inisiatif promosi dan pemasaran e-bisnis mereka tidak atau sangat sedikit dilakukan.

Itulah sebabnya mengapa e-Bisnis membuat banyak orang di Indonesia khususnya para investor merasa jera. Mereka menyangka bahwa belum saatnya mereka memasuki dunia e-bisnis, padahal yang salah bukan bisnisnya, namun konsep membangun e-Bisnis yang salah. Padahal satu hal yang PASTI bahwa internet tidak bisa dibendung lagi.

Karena itu, sudah saatnya orang-orang bisnis dan pemasaran menjadi komandan dari strategi bisnis di Internet. Dan orang-orang TI sebagai support dari para marketer dan pebisnis.

Karena itu, berikut ini, saya ingin memaparkan 7 langkah taktis untuk e-Bisnis yang berhasil.

Langkah 1# FOKUS
Kebanyakan orang yang ekspansi bisnis ke Internet, tidak fokus pada produk yang mereka jual. Mereka menjual apa saja dalam satu situs web mereka. 

Padahal dalam dunia bisnis, sekelompok kategori produk harus dikoordinasi oleh seorang manajer produk, dan bila ada beberapa kategori produk, maka beberapa manajer produk harus membawahi masing-masing kategori produk tersebut.

Sedangkan dalam kasus e-bisnis, puluhan atau ratusan produk tidak memiliki manajer produk yang mengawasinya. Dan hanya diserahkan ke orang TI-nya saja.

Jadi maksud saya, dalam hal ini adalah bahwa produk-produk yang dijual di Internet juga harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk.

Langkah 2# BANNER berupa TEKS
Berdasarkan hasil riset, telah terbukti bahwa tingkat respons dari suatu "klik" lebih BANYAK berasal dari "banner berupa teks" bukan berasal dari "banner berupa gambar". Kebanyakan orang, masih belum tahu dalam hal ini. 

Konsep "banner berupa gambar" itu hanyalah konsep yang berasal dari orang-orang desainer web untuk mendatangkan nilai seni, bukan mendorong emosi ke sales karena efek dari "sales letter", karena 90% penjualan hasil dari "sales letter" bukan hasil dari "entertainment" seperti melalui "banner gambar."

Terus terang saja, bahwa respons yang diperoleh dari "banner berupa teks" JAUH lebih tinggi dari "banner berupa gambar".

Karena itu gunakan "banner berupa teks" yang ditaruh di suatu artikel atau kumpulan kalimat walaupun bisa dalam bentuk .jpeg. Namun upayakan agar tidak kentara bahwa itu adalah "banner". 

Langkah 3# Ciptakan 2-level Afiliasi
Dalam dunia bisnis offline, sudah hal yang umum mereka memiliki reseller atau supplier maupun dealer yang membantu penjualan produk/bisnis mereka dan kemudian Anda memberikan "margin" atau "komisi" kepada mereka.

Nah, dalam dunia online, e-bisnis yang berhasil juga harus menciptakan program distribusi pemasaran seperti ini. Dan ini disebut sebagai Program Affiliate (afiliasi).

Dengan teknologi internet, Anda akan mampu membangun 2 tingkat afiliasi, maksudnya distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua. Distributor/Dealer Utama mendapatkan komisi lebih besar, misalnya 20% dan supplier yang mengambil barang dari Dealer Utama tersebut mendapat komisi 5 atau 10%. 

Dalam e-Bisnis, Anda memungkinkan memiliki banyak Dealer Utama dan banyak Dealer/Supplier kedua yang berada di bawahnya. 

Karena dalam dunia e-Bisnis, konsep afiliasi 2 tingkat adalah yang paling banyak diminati. Karena itu seminar kami tgl 30 Oktober 2002 ini, akan mengupas tentang dunia bisnis pemasaran afiliasi dgn judul "Building Online Sales Force 2003"

Langkah 4# Manfaatkan Kekuatan Email
Email adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, kedua adalah situs pencari. Karena itu manfaatkan kekuatan pemasaran yang dapat dilakukan oleh email.

Maksud saya adalah pemasaran melalui email atas dasar persetujuan (permission), bukan spamming.

Ingat, kebanyakan penjualan terjadi setelah beberapa kali di follow-up, bukan dari hasil instan karena kunjungan pertama mereka ke situs web Anda. 

Langkah 5# Menulis Artikel
Ingat kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, jadi jangan berpikir Anda bisa menjual kalau Anda malas menulis untuk mengedukasi bisnis/produk Anda. 

Jadi kalau e-Bisnis Anda, ingin berhasil, maka tim PR Anda harus mengedukasi calon pembeli melalui tulisan-tulisan yang informatif.

Langkah 6# Lakukan eMarketing
75% dari waktu tim pemasaran Anda harus berpusat pada pemasaran, kombinasikan antara strategi offline dan online.

Karena kebanyakan dari kesalahan dalam e-Bisnis adalah mereka terlalu banyak mencurahkan waktu di proses bisnis serta teknologinya, hal ini memang tidak salah dan ini memang harus dilakukan oleh orang TI, namun Tim pemasaran di perusahaan Anda juga harus mengetahui teknik-teknik pemasaran online (eMarketing) bukan saja secara offline.

Langkah 7# Komunikasi Instan
Kebanyakan dari kegagalan dalam e-Bisnis adalah masalah soal kepercayaan dan komunikasi. Kepercayaan dapat ditingkatkan apabila komunikasi antara produsen dan konsumen berlangsung instan, cepat dan tidak tertunda.

Anda lihat bahwa banyak orang begitu lama mendapat jawaban email mereka dari pertanyaan yang mereka lontarkan. Anda harus simulasikan kecepatan dalam menjawab email yg memang sudah spesifik seperti layaknya percakapan komunikasi normal, yaitu melalui sistem multiple follow-up autoresponder. Silahkan masuk ke http://www.bjoconsulting.com/artikel/em/autoresponse.htm  sehingga Anda mendapatkan gambaran bahwa teknologi internet sanggup setidaknya dalam membuat komunikasi instan hanya dalam waktu 4 detik saja.

2. Ttg Affiliate Marketing
     "Mengapa E-Bisnis Harus Membangun Strategi 
      Pemasaran Afiliasi"

                                     Oleh : Bob Julius Onggo

Ini merupakan trend, sebagaimana yg disebutkan oleh Forrester Research bahwa tahun 2003, penjualan yang diperoleh dari afiliasi atau agen-agen penjualan online diprediksi akan meningkat hingga 21 persen dari seluruh penjualan online.

Secara hakiki, pemasaran afiliasi (affiliate marketing) adalah strategi e-Bisnis yang harus segera diterapkan bagi perusahaan manapun yang sudah ekpansi ke Internet, maupun untuk kategori produk apa pun yang dijual via internet. 

Konsep pemasaran afiliasi ini mirip dengan membangun distribusi penjualan lewat dealer maupun reseller, di mana perusahaan Anda akan memberikan komisi yang sudah ditetap kepada para agen penjualan Anda (afiliasi) dan harga produk tidak bisa dilakukan mark-up, karena penjualan dilakukan bukan di situs web milik afiliasi namun di situs web pemilik afiliasi. 

Dalam hal ini, biaya pengiklan menjadi hemat, mengapa? Karena situs-situs web milik afiliasi yang melakukan promosi, dan Anda hanya membayar ke mereka kalau terjadi penjualan di situs web Anda, yang diarahkan oleh situs web milik afiliasi. 

Karena mulut orang lebih tajam dari mulut sendiri, maka promosi yang dilakukan oleh afiliasi memberikan kekuatan promosi tersendiri. 

Contohnya :

Pengunjung masuk situs korporat Anda kemudian sign up sebagai afiliasi baru kemudian mendapatkan ID atau usernama dan bahan-bahan marketing termasuk code-nya. Kemudian dengan ID dan password, ia bisa masuk ke administration page, dan melihat account-nya di situ, kemudian ia bisa memanfaatkan semua materi promosi yang tersedia di sana yaitu bermacam-macam banner, codenya dan surat penjualan singkat, dsb.

Berikut ini adalah manfaat dari Pemasaran Afiliasi :

>> Promosi Tanpa Resiko
Dengan pemasaran afiliasi - Anda hanya membayar hasilnya. Anda tidak harus membayar karena harus pasang iklan di suatu situs web: Hasilnya yang Anda bayar. Anda bisa menentukan apa yang akan Anda bayar entah itu -- penjualan, email dari prospek, download dari situs web Anda, pelanggan ezine Anda, atau aktivitas online lainnya yang dapat dilacak. 

Tentukan sendiri bagaimana dan apa yang akan Anda lakukan bagi afiliasi Anda - Anda tidak perlu bayar bila tidak ada hasil-tanpa resiko, bukan?. 

>> Jaringan Publisitas yang Hebat dan Efektif 
Dengan strategi pemasaran afiliasi, Anda membangun jaringan berbagai situs web, ezine dan email yang akan melakukan promosi "brand" Anda. Sebab masing-masing afiliasi akan meletakkan kode afiliasinya di situs mereka atau di ezine atau di email dan membalikkannya ke situs web Anda. 

Jadi tiap-tiap afiliasi baru dapat menambahkan begitu banyaknya calon pembeli yang berkualitas dan segmented sebagai bagian dari database prospek Anda. 

>> Promosi yg Efisien dan Terjangkau
Dibandingkan dengan model pemasaran online lainnya, pemasaran afiliasi sangat efisien dan menguntungkan. Anda tanpa harus mengeluarkan biaya sedikit pun, karena itu dilakukan oleh afiliasi Anda. Tidak ada bentuk pemasaran lain yang tidak mengeluarkan biaya untuk menghasilkan uang kecuali yang satu ini! 

>> Promosi Jangka Panjang
Tidak seperti halnya iklan banner yang harus Anda bayar sebelum memasangnya, atau iklan di ezine dan iklan di dunia cetak. Pemasaran Afiliasi tidak memerlukan biaya, namun disetujui dan diminta oleh mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. 

Karena itu mereka akan tetap mengizinkan banner Anda entah berupa teks atau gambar tetap dipasang dan dipromosikan oleh mereka. 

>> Kepercayaan dan Hubungan Bisnis
Setiap orang sadar dan tahu bahwa mengembangkan hubungan adalah kunci keberhasilan dari segala bentuk konsep pemasaran. Pemasaran Afiliasi dapat memupuk hubungan bisnis jangka panjang dan menguntungkan baik dengan afiliasi maupun dengan pelanggan.

Bagaimana Komentar Anda?

Tolong berikan penilaian kepada kami, sehubungan dengan artikel yang ditulis di atas, dengan demikian masukan dari Anda akan sangat kami hargai.

Kalau Anda pun punya artikel ttg eMarketing dan eBisnis, Anda pun boleh memasukkannya ke ezine ini, silahkan masukkan ke email kami subscription@bjoconsulting.com 

dan BONUSnya, akan kami berikan link ke produk/bisnis online
Anda. Kami tunggu.

Informasi Buletin, dan Langganan

Untuk berhenti tidak lagi membaca BJO E-Marketing Bulletin, silahkan kirim email kosong Anda ke :

mailto:berhenti@getresponse.com?subject=unsubscribe

 
 

Copyright © 2001 - 2002, BJO Consulting