DEPAN  I  KISAH SUKSES  I  ARTIKEL LALU PERTANYAAN ANDA KURSUS EMARKETING  I  MESIN EMARKETING 

BJO eMarketing Bulletin Edisi 38

Kapan, [ ]

Terakhir kali Anda menggunakan situs pencari atau direktori web untuk mencari informasi produk atau bisnis?

Anda lihat bukan bahwa SANGAT PENTING sekali bantuan situs pencari dalam membantu Anda menemukan informasi yang dicari. 

Apakah Anda juga demikian membuat calon kastemer Anda SANGAT MUDAH menemukan Anda via situs pencari? 

Karena itu artikel ini akan mengupas PENTINGNYA Situs pencari bagaikan buku direktori bisnis internasional.

Agar rekan bisnis Anda mendapatkan manfaat yg sama! Tolong
beritahu link ini :

mailto:bjotips@getresponse.com?subject=eMarketing05 

Atau email artikel ini ke teman Anda, Klik di Sini!

Salam,

Putri Paquita
Research eMarketer

Daftar isi artikel:

1. Ttg Search Engines Marketing
    "Pemasaran dengan Memanfaatkan Kekuatan dari 
     Situs Pencari. Manfaatkan ini menjadi Bagian dari 
     Strategi "Marketing Mix" di Perusahaan Anda"

2. Informasi Bulletin/Langganan

 

Jumlah Pembaca : 
3693 Orang


Bob Julius Onggo
Editor in Chief


SPONSOR MEDIA


Bisnis Anda di bidang TI? Majalah BISNIS KOMPUTER medianya! Panduan tepat bagi kalangan industri dan pengusaha TI untuk berpromosi ekonomis sekaligus mendapatkan informasi produk TI terkini. Informasi Iklan dan Langanan.
Telp : (021) 6129546/848 atau email di sini!


Dapatkan Majalah INFONET di seluruh TB. Gramedia dan
Agen-agen di kota Anda"




Dicari Agen atau Perorangan untuk Outlet Penjualan Lampu NEON TL Energy Saving Lamp sejenis Philips TL di seluruh Indonesia Dengan harga PALING MURAH. 

Biaya Pengiriman 
sudah termasuk untuk wilayah JABOTABEK. 
Hubungi Langsung Pak Hadi Wijaya, di :
Hp 0816 1652997 

.
Terima kasih atas kepercayaan dan pilihan masyarakat pada lemari Es SHARP sehingga berhasil mempertahankan predikat sbg The Most
Valuable Brand
in Refrigerator Category 2002.

Tingkatkan Kemampuan Penulisan Bisnis Bahasa Inggris di Perusahaan
Anda melalui Program "Effective Business Writing". Untuk info
silahkan minta di email : chandra@obeqa.com 

Butuh Pelayanan Interpreter untuk acara-acara tertentu
dari perusahaan Anda? atau Pelayanan Terjemahan?
Kami menyediakannya pelayanan 11 bahasa asing untuk
memperlancar bisnis Anda, hub : translation@obeqa.com 

Kalau Bisnis Anda ingin kami SPOT di edisi berikutnya, silahkan ambil informasinya 
Klik Di sini  

Search Engines Marketing

"Pemasaran Dengan Memanfaatkan Kekuatan Dari Situs Pencari. Manfaatkan ini Menjadi Bagian Dari Strategi "Marketing Mix" di Perusahaan Anda".
                                     
Oleh : Bob Julius Onggo

Para pemimpin perusahaan dan manajer pemasaran menggunakan berbagai strategi pemasaran untuk mencapai quota penjualan mereka. Namun kebanyakan dari mereka termasuk di Indonesia walaupun sudah memiliki situs web korporat, namun kurang menyadari pentingnya promosi melalui bantuan situs pencari. 
Walaupun mereka sering mencari informasi melalui situs pencari. Dan kalau ditanya ke para penerbit majalah, para ahli riset, wartawan, pelajar serta mahasiswa, pasti kebanyakan dari mereka sekarang memanfaatkan media online ini untuk melengkapi bahan mereka dari media offline.

Namun fakta-fakta yang akan saya beberkan di bawah ini akan memperlihatkan kepada Anda bahwa ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif dan layak dimasukkan ke dalam bagian dari "marketing mix".

CyberAtlas melaporkan bahwa 24 persen dari bisnis maya yang disurvei menyatakan bahwa mayoritas dari pengunjung mereka berasal dari bantuan promosi situs pencari, yang artinya ¾ dari mereka mendapat manfaat dari hasil optimisasi situs pencari. Itulah sebabnya jika situs web Anda tidak dioptimisasi maka Anda kehilangan peluang untuk menarik pengunjung yang "targeted" ini. 

Apa yang Mereka Cari di Internet? 
Kemudahan, Kecepatan, dan informasi yang relevan. Bagaimana mereka menemukan apa yang mereka cari? Jupiter Media Metrix melaporkan bahwa 47 persen dari mereka yang berbelanja di dunia Internet memanfaatkan bantuan dari situs pencari (September 2001): 

Perilaku Konsumen Dalam Mencari Informasi atau Produk di Internet

Yang Mereka Lakukan

Persentasenya

Langsung menuliskan nama produknya di situs pencari 28%
Langsung mengetikkan nama produk sebagai  URL-nya 23%
Mengetikkan nama mereknya di situs pencari 95
Langsung mengetikkan nama toko mayanya di situs pencari 5%
Langsung ke halaman belanja yang dimiliki oleh situs pencari 5%

Sekarang coba perhatikan rata-rata dari waktu yang konsumen gunakan untuk mencari suatu informasi di situs pencari maupun direktori web.

Lamanya Konsumen Menggunakan Situs Pencari
dalam waktu menit

Nama Situs Pencari Rata-Rata Per bulan per individu
Google  269
AskJeeves 190
MSN 140
Yahoo 106
GoTo 56

Link dalam bentuk teks yang menempati suatu posisi atas di suatu situs pencari utama dapat mendatangkan kunjungan yang bersifat "targeted" ke situs Anda, yang dapat mendatangkan prospek dan akhirnya menjadi kastemer Anda. Posisi yang bagus memang khususnya sangat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan yang menjual produk-produk dalam bentuk elektronik misalnya perangkat lunak. Namun sebenarnya bisnis apa pun dapat memperoleh manfaat yang serupa dari strategi pemasaran ini yang akan membantu memperpendek siklus penjualan Anda.

Manfaat dari Search Engine Optimization (SEO)
Situs pencari adalah suatu perangkat pemasaran yang ampuh layaknya suatu direktori bisnis offline saja seperti halnya yellow pages. Sangat efektif karena sifat dari pengunjung adalah "targeted". Prospek yang berkunjung ke situs Anda adalah karena mereka dengan aktif mencari informasi yang mereka butuhkan mengenai produk dan jasa Anda. Jadi mereka sudah punya motivasi yang bagus apalagi ditambah setelah mereka mendarat di situs web perusahaan Anda. 

SEO merupakan teknik pemasaran yang sangat terjangkau ditinjau dalam segi biaya. SEO bisa menjadi sarana membangun merek yang pada saat yang sama mendatangkan pengunjung ke situs web Anda. 
Efektivitas dari Link berupa teks pada situs pencari melebihi iklan banner dengan perbandingan 3:1, demikian diberitakan oleh NPD Group. 

SEO dapat menghasilkan tingkat konversi prospek ke kastemer yang cukup tinggi. Hasil dari analisa log file memperlihatkan bahwa para pengunjung yang datang melalui bantuan promosi situs pencari memiliki potensi lebih banyak dalam mendatangkan transaksi bisnis, registrasi dan download dari suatu perangkat lunak dibandingkan dari iklan banner, namun bersaing dengan email marketing berbasis Opt-In.

Tiga Contoh Kasus Menarik 
Setelah para pengunjung yang "targeted" masuk ke situs web Anda, maka Anda harus siap menyambut mereka dengan isi yang baik dan informatif, dan penulisan penjualan yang menggugah serta follow-up yang harus Anda lakukan terhadap mereka. 

Tiga contoh kasus bisnis di bawah ini (diambil dari www.b2bmarketingbiz.com membantu Anda memahaminya.

Perusahaan Perangkat Lunak: Suatu perusahaan bernama welocalize.com, adalah perusahaan penyedia solusi sistem globalisasi, mendapatkan kontribusi penjualan melalui strategi SEO dan mendapatkan klien dari perusahaan-perusahaan besar berbasis multinasional walaupun hanya memiliki tim penjualan yang terbatas namun didukung oleh strategi pemasaran yang efektif. Bahkan beberapa kontrak bisnisnya bernilai enam angka dalam satuan dolar amerika. Proyeknya berupa pengintegrasian situs-situs web, intranet dan ekstranet demi kemudahan para staf, klien dan mitra bisnis di seluruh dunia.

Perusahaan Penyedia Solusi Konferensi: Karena putus asa dengan kampanye iklan banner-nya, perusahaan ini memutuskan untuk merealokasikan seluruh anggaran pemasaran online-nya dengan strategi SEO, dengan menggunakan sebuah perusahaan yang memang pakar di bidang SEO, yang bernama Webster Group International.

Alhasil dari strategi tersebut adalah peningkatan penjualan hingga 500 persen dalam waktu 18 bulan. Dan saat itu tidak ada strategi pemasaran lain yang digunakan.

Strategi SEO yang dilakukan perusahaan ini termasuk meluncurkan banyak situs penjualan yang kemudian dioptimisasi untuk situs pencari. Hal ini memang sangat bermanfaat, mengapa? Karena beberapa direktori web hanya akan memasukkan halaman utamanya saja. 
Dengan lebih dari satu produk yang dijual, kemudian membuat banyak situs web untuk masing-masing produk merupakan strategi yang bagus untuk meningkatkan visibilitas di Internet demi meningkatkan penjualan.

Perusahaan Eceran yang Menjual Asesoris Kamera: Perusahan ini bernama DCProDirect berhasil menaikkan pendapatannya hingga 24 persen dalam waktu enam bulan melalui SEO, menggunakan pelayanan yang disebut Inceptor, demikian kata Marketing Sherpa "suatu perusahaan teknologi yang spesialisasi dalam membantu perusahan-perusahaan eceran memasukkan ribuan dari Stock Keeping Units-nya agar terdaftar di situs pencari."

Tantangannya adalah bagaimana melakukan ekspansi pemasaranb ke dunia internet tanpa meningkatkan biaya untuk mengkonversi prospek menjadi kastemer. 
Kemudian perusahaan ini membandingkan tiga strategi pemasaran online, yaitu: Iklan banner, direct mail dan SEO. 

Sebelum melakukan SEO, data pada log file menunjukkan hanya 4 persen dari para pengunjung berasal dari situs pencari yang akhirnya hanya memberikan kontribusi penjualan kurang dari 1 persen. Kemudian dalam waktu enam bulan setelah melakukan SEO, 24 persen dari penjualan online DCProDirect berasal dari para pengunjung yang datang dari situs pencari. 

Berdasarkan perbandingan tiga media promosi yaitu iklan banner, direct mail dan SEO, perusahaan tersebut mendapati bahwa SEO memberikan rasio penjualan lebih tinggi secara dramatis.

Media Promosi

CR*   

CPC*

CPA*

 

Iklan Online

.025-.05% 

  $.50  

$100+

Direct Mail

1.0-2.0%    

$.50   

$25-50

SEO 

3.9%

$.10-.15 

$3.75

* CR = Conversion rate (rasio dari prospek berubah menjadi kastemer)
* CPC = Cost-per-click
* CPA = Cost-per-acquisition

SEO merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif, namun jangan main percaya saja dengan kata-kata saya. ANA (Association of National Advertisers) melaporkan di bulan Oktober tahun 2001 bahwa 79 persen dari kebanyakan perusahaan-perusahaan besar di Amerika menggunakan Internet sebagai media promosi, dan 75 persen darinya menggunakan strategi pemasaran SEO.

SEO - Strategi Pemasaran yang Tepat bagi Bisnis Anda.
SEO adalah perpaduan antara seni dan sains. Dan ini membutuhkan kegigihan dan ketekunan, karena melakukan SEO itu cukup kompleks dan menghabiskan waktu, karena itu buku ini dan pasal demi pasal membantu Anda untuk memahami dan membantu Anda dalam memasukkan SEO menjadi bagian dari "marketing mix" di perusahaan Anda.


Informasi Buletin, dan Langganan


Bagaimana pendapat Anda tentang artikel di atas? layangkan pendapat Anda ke : subscription@bjoconsulting.com (Terima kasih sebelumnya) 

atau apabila Anda ingin memberikan tulisan artikel menarik ttg eMarketing, silahkan gunakan email ini sbg korespondensi, email : subscription@bjoconsulting.com 
dan BONUSnya, akan kami berikan link ke produk/bisnis online
Anda. Kami tunggu.

Untuk berhenti tidak lagi membaca BJO E-Marketing Bulletin, silahkan kirim email kosong Anda ke :

mailto:berhenti@getresponse.com?subject=unsubscribe

 
 

Copyright © 2001 - 2002, BJO Consulting