DEPAN  I  KISAH SUKSES  I  ARTIKEL LALU PERTANYAAN ANDA KURSUS EMARKETING  I  MESIN EMARKETING 

BJO eMarketing Bulletin Edisi 36

Siang ,

Apakah Anda sudah memiliki situs web, atau sering menggunakan email dalam komunikasi bisnis atau sehari-hari? kalau sudah mengapa tidak mempertimbangkan 'join' bisnis afiliasi?

Karena itu artikel kali ini akan menyorot hal tersebut, dan sekaligus juga akan membantu Anda dalam melihat peluang iklan lewat newsletter elektronik.

Karena itu silahkan simak dan baca baik-baik artikel edisi yg ke 36 ini, dan jangan lupa beritahu rekan-rekan Anda agar mereka juga dapat membacanya serta mendapat manfaat yg sama pula,

Tolong berikan link email ini kepada teman Anda,

mailto:bjotips@getresponse.com?subject=eMarketing05 

Atau email artikel ini ke teman Anda, Klik di Sini!

Salam,

Putri Paquita
Research eMarketer

Daftar isi artikel:

1. Ttg Program Afiliasi
"7 Alasan Anda Harus Memulai Program Afiliasi"
2. Ttg Email eMarketing
"Bagaimana Email Dpt Memupuk Hubungan Bisnis dgn
Prospek dan Kastemer Anda?"

3. PARADIGMA DAN MANFAAT DARI E-BUSINESS   (bag.4)
4. Ttg iklan di Ezine
"7 Manfaat dengan pasang iklan di Ezine"

 


Bob Julius Onggo
Editor in Chief



Come to Our eMarketing Seri Organized by eMarketer.web.id
yg diadakan di Hotel MULIA - Senayan

- Low Cost Direct Targeted eMarketing (08 Agustus 2002)
- Creating a Killer & Emotional Sales Copywriting (20 Agustus 2002(
- Search Engine Marketing & Optimization (30 Agustus 2002)
- How to Create a Site that Can Sell (10 September 2002)

Utk Informasi hub Bu iis/Susan di No. Telp (021) 7918 4325 - 6
atau email :

marketing@magnet.co.id  



Sponsor Media
"Telah terbit majalah InfoNet wajah baru, berikut CD-Infonet
Tutorial Interaktif. Dapatkan di seluruh TB. Gramedia dan
Agen-agen di kota Anda"

.
Terima kasih atas kepercayaan dan pilihan masyarakat pada lemari Es SHARP sehingga berhasil mempertahankan predikat sbg The Most
Valuable Brand in Refrigerator Category 2002.

Anda perlu JASA terjemahan atau interpreter atau guru Bahasa ke Kantor atau rumah Anda?
Kami memiliki 11 layanan bahasa, untuk info lebih
jauh silahkan email ke kami di : translation@obeqa.com 

Kalau Bisnis Anda ingin kami SPOT di edisi berikutnya, silahkan ambil informasinya 
Klik Di sini  

1. Ttg Program Pemasaran Afiliasi

"7 Alasan Anda Harus Memulai Program Afiliasi"
Oleh : Bob Julius Onggo

Anda punya situs web? Terbiasa dengan komunikasi via email? Mengapa tidak yang satu ini yaitu dengan mengikuti program bisnis afiliasi? Yaitu untuk menambah uang Anda.

Ada begitu banyak kesempatan bisnis di Internet. Hampir semuanya memang membutuhkan dana. Tetapi, tidak dengan program afiliasi!

Berikut ini adalah 7 alasan mengapa anda harus mempertimbangkan untuk bergabung dengan progran afiliasi dari rumah anda.

#1. Bergabung dengan program afiliasi tidak perlu mengeluarkan dana. Benar-benar tidak perlu! Anda dapat bergabung dengan sebuah program afiliasi tanpa harus mengeluarkan biaya dan dapat segera mempromosikan produk anda.

#2. Sarana dan prasarana untuk pemasaran lewat internet sudah disediakan untuk anda. Sebuah situs web yang menawarkan program afiliasi yg 'bagus' pasti akan memberikan banyak sarana afiliasi pemasaran yang bersifat 'siap pakai'. Anda hanya tinggal meng- 'copy dan paste' dan memasukkan kode afiliasi anda. Kemudian, mulailah menjual.

3. Anda tidak butuh sebuah produk. Akan menghabiskan BANYAK waktu untuk mengembangkan produk anda untuk dijual secara online. Dengan
program afiliasi, produk tersebut sudah ada di sana. Orang lain yang akan mengerjakannya, bukan anda.

4. Statistik afiliasi sudah disediakan sebagai bagian dari sistem mereka, karena Anda bergabung dengan program afiliasi. Anda tidak perlu pergi dan membeli perangkat lunak yang mahal untuk melacak penjualan anda karena pemilik produk sudah menyiapkannya untuk anda. Anda bahkan tidak perlu membayarnya, gratis!

5. Tidak dibutuhan waktu untuk memulainya. Kebanyakan bisnis butuh suatu waktu dalam fase 'start up'. Dengan program pemasaran afiliasi, maka anda tidak membutuhkan waktu 'start up' itu semua lagi. Pada waktu anda bergabung, anda dapat langsung menjual.

6. Anda tidak perlu kuatir lagi berkenaan administrasi penjualan dan dukungan teknis lainnya. Pemilik produk sudah akan mengurus proses penjualannya dan semua layanan purna jual. Yang hanya perlu anda
kuatirkan adalah menerima cek afiliasi anda!

7. Anda tidak perlu kuatir untuk kontak langsung pelanggan Anda. Di dalam sebuah program pemasaran afiliasi, anda adalah seorang 'reseller' sehingga jika pelanggan mengajukan komplain mereka akan
menghubungi pemilik produk, dan bukan anda.

Bergabung dengan program afiliasi sangat sederhana, mudah untuk mulai mempromosikan dan lebih daripada itu semua Anda tidak akan rugi atau harus memiliki modal. Jika salah satu program afiliasi tersebut
tidak berjalan, anda dapat meninggalkannya dan bergabung dengan program afiliasi lainnya.

2. Ttg Email Marketing
"Bagaimana Email Dpt Memupuk Hubungan Bisnis dgn Prospek dan Kastemer Anda?"
Oleh : Yahya Marsath Hode

Tantangan bagi bisnis adalah menciptakan dan memelihara hubungan dengan para kastemer. Hubungan yg dimaksud adalah didasarkan atas kontak reguler via email. Email adalah sarana komunikasi yg paling penting, dan bagi mereka yg menjalankan bisnis di internet, sulit untuk tidak menggunakan email sebagai
sarana untuk memupuk hubungan komunikasi yg reguler dan informatif dengan para kastemer selain menggarap prospek pasar Anda yg juga sudah masuk ke dunia maya.

Maka heran sekali, apabila banyak perusahaan yg sudah memiliki situs web dan menampilkan bisnis mereka secara online namun mereka tidak memaksimalkan menggunakan email mereka.
Semua karyawan perusahaan yg menggunakan email
seharusnya menganggap bahwa apa pun yg telah dikirim entah itu email biasa, email penawaran, dan email jawaban dari seseorang, mereka harus menjawabnya dengan terampil dan professional, karena jangan menjawab seolah-olah Anda malas.


Tulislah email kepada calon prospek Anda seolah-olah mereka bertanya kepada Anda langsung berhadapan muka, atau anggaplah Anda menulis email seolah-olah kepada pacar Anda? Kalau cara menjawab Anda tidak berubah, maka jangan harap email dapat membantu Anda sebagai sarana pemasaran dan cara memupuk hubungan bisnis yg efisien dan hemat?

Yang harus diingat dalam melakukan pemasaran email:
Tetap sopan, walaupun hal itu sulit bagi Anda. Jika Anda terpancing marah oleh hardikan dan kata-kata kasar: tunggu beberapa jam agar emosi Anda tidak turut terpancing dan kemudian berikan jawaban yg ramah. 

Apabilah resipien penerima email marah, lebih baik ikuti dia apa yang dia minta asalkan selama hal itu masuk akal. Jika mereka tidak menyatakan apa
yg diinginkan, upayakan untuk menenangkan mereka dan cari tahu apa yg dapat Anda lakukan untuk membantunya. Hendaknya diingat agar Anda mengutamakan kepuasan kastemer, walaupun
mungkin kadang-kadang harus mengembalikan uang yg telah mereka bayarkan kepada Anda. Karena secara psikologis, orang suka menceritakan tentang orang lain apabila mereka diperlakukan buruk. 

Tetaplah tenang dan ramah itu adalah cara
membela diri yg terbaik dalam kebanyakan kasus, bahkan Anda mungkin akan berhasil dalam membalikkan situasi sehingga membuat orang-orang tersebut menjadi kastemer yg puas.

Walaupun Anda hanya mendengarkan keluhan mereka
dan mencari jalan untuk menyelesaikan masalah yg terjadi antara Anda dengan mereka. Dalam beberapa kasus, mungkin Anda tidak dapat menyediakan permintaan kastemer. Kalau demikian kasusnya, jangan takut untuk memberitahu mereka tentang apa yg mungkin disediakan oleh kompetitor Anda. Atau jika Anda cerdik, Anda bisa bergabung menjadi afiliasi
dari kompetitor Anda, walaupun konsep seperti ini belum popular di Indonesia, mengingat konsep afiliasi di Internet belum popular dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dan katakan Anda sudah bergabung dengan afiliasinya mereka, Anda bisa menyarankan mereka yg tidak puas dengan Anda untuk pergi ke kompetitor Anda, siapa tahu kompetitor Anda dapat menyediakan solusinya, dan apabila dia beli maka Anda pun akan mendapat komisinya.

Memang tidak populer saran ini, namun jangan salah, jika Anda melakukan hal ini, mereka akan menganggap Anda jujur dan dapat dipercaya, dan apabila mereka mencari informasi tertentu, bisa jadi mereka akan balik lagi ke Anda. Intinya adalah :

Hendaklah siap untuk membantu apabila dibutuhkan dan
Anda bisa, walaupun pertama-tama mungkin hal ini tidak memberikan keuntungan, namun jangka panjang hal ini akan menguntungkan."Berilah Maka Kamu Akan Diberi". Jika Anda ingin meningkatkan hubungan dengan bisnis dengan relasi Anda, bayangkan bagaimana Anda ingin diri Anda diperlakukan oleh perusahaan Anda andaikata Anda adalah kastemernya.

Karena itu perlakukanlah kastemer sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Pemasaran melalui Email mencakup banyak hal. Dalam artikel ini saja, Anda sudah melihat, bagaimana seharusnya sikap yang baik agar Anda menjadi seorang yg kompeten dalam melakukan email marketing.


3. Paradigma dan Manfaat dari eBusiness (bag.4)

"Web Bukanlah Internet"
Banyak orang dibingungkan dengan dua istilah ini. yang berhubungan namun tidak sama artinya. Internet bermula dari suatu jaringan militer ARPANet pada tahun 1960-an. Gagasan dasarnya adalah untuk menciptakan suatu jaringan yang dapat terus berfungsi ketika bagian
yang lainnya hancur. Internet ini terdiri dari infrastruktur jaringan yang dibentuk dari beberapa standar khusus, standar Internet, yang digunakan oleh semua personil untuk dapat berhubungan satu sama lain.

Spesifikasi dari Protokol Internet (IP) tidak dapat menunjukkan informasi, jasa atau produk mana yang harus dipertukarkan. IP hanya menetapkan bagaimana pengaturan dari arus informasi. Spesifikasi ini terletak pada sebuah lajur di atas lahur Internet dan salah satu dari protokol yang berfungsi untuk bertukar informasi adalah World Wide Web dengan hyper-text transfer protocol (HTTP) nya. Selain World Wide Web ada lagi
protocol lain yang memungkinkan orang-orang saling bertukar informasi lewat email, (POP3, SMTP, IMAP), chat online (IRC) atau bergabung dalam newsgroup (NNTP). Web menyediakan sarana untuk bertukar dokumen melalui HTTP khususnya dalam format HTML,
yang mampu menampilkan isi dokumen dengan tepat lewat browser.

World Wide Web hanyalah salah satu dari banyak layanan di Internet dan tidak dapat menunjukkan apakah halaman web ini tersedia di Intranet, Extranet dan Internet. World Wide Web memiliki interface yang mudah digunakan yang memungkinkan seseorang
yang hanya tahu sedikit saja tentang nya dapat mengakses seluruh layanan web yang ada di Internet. Layanan web ini meliputi isi, produk dan jasa yang dapat dilihat dan dipesan melalui web browser.
Web browser mirip dengan generasi pertama dari Internet komersial yang memungkinkan kastemer dapat melayani dirinya sendiri.

Generasi kedua dari penggunaan Internet komersial akan beralih dari "lakukan sendiri" menjadi "lakukan untukku". Paradigma baru ini, yang juga dikenal sebagai pervasive computing, akan dapat mengotomatisasi proses yang digunakan oleh para kastemer. Pervasive computing masih merupakan suatu visi dan masih perlu
sedikit waktu lagi untuk menjadi suatu kenyataan. Oleh karena itu, untuk beberapa tahun ke depan browser masih diperlukan.

4. Ttg Ezine Marketing
"7 Manfaat Dengan Pasang Iklan di Ezine"
Oleh : Bob Julius Onggo

Iklan di majalah elektronik (Ezine) adalah salah satu medium terbaik untuk mengiklankan produk anda, atau meningkatkan kunjungan ke situs web Anda. (lihat profilnya di url :
http://www.bjoconsulting.com/profil_ezine.htm 

Jika anda ingin menjangkau 'target' pasar Anda secara efektif, maka iklan di ezine adalah cara yang dapat Anda lakukan. Anda tidak akan pernah dituduh karena melakukan spamming karena semua resipien yg menerimanya telah terdaftar ke ezine tersebut sesuai dengan keinginannya.

Ada cara yang bagus untuk meluncurkan sebuah produk, katakanlah anda baru saja menulis sebuah buku elektronik (ebook), dengan harga Rp. 55.000,- maka anda dapat dengan mudah mendapatkan uang hanya dalam jangka waktu 2 atau 3 hari dengan membeli
sebuah iklan di dalam suatu Ezine yang memiliki ribuan pembaca.

Jika iklan anda menarik, maka anda dapat menjual beberapa ratus ebook, dan itu merupakan sebuah keuntungan yang cukup besar karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya biaya yang besar atau mungkin lebih kecil. Pasang Iklan di Ezine sangat direkomendasikan oleh semua 'guru' pemasaran di Internet.

Keuntungan-keuntungan utama beriklan dalam Ezine diantaranya adalah:

1# Target Pembaca sudah tersegmen.
Ada banyak Ezine yang meliputi begitu banyak topik yang berbeda dimana sangat mudah untuk menemukan orang-orang dengan 'TARGET YANG TERTENTU' untuk menawarkan sesuatu. Jika anda telah menggabungkan Ezine dengan produk yang sedang anda jual, maka anda telah sukses menjangkau pembaca anda. Anda bukan hanya dapat menjangkau pembaca anda, tetapi juga dapat menjangkau lebih banyak lagi. Harus diingat pula bahwa semakin Anda memilih ezine dengan 'target segmen' tertentu, maka lebih banyak pula respon
yang anda dapatkan. Itulah sebabnya iklan Ezine hampir selalu membawa hasil yang bagus. Anda dapat menerima puluhan dan mungkin ratusan pertanyaan tentang produk atau jasa anda.

2# Cuma-cuma Dalam Jangka Panjang
Hampir semua Ezine diarsipkan di dalam situs web mereka, ribuan orang dapat membaca arsip ini, maka iklan anda akan dapat dilihat oleh para pengunjung belakangan yang berkunjung ke situs web
sehingga tanpa Anda harus membayar lagi, mereka membaca iklan Anda. Hal ini akan meningkatkan penjualan ekstra Anda dalam jangka panjang.

3# Ujilah iklan anda sesegera mungkin
Dengan iklan di Ezine memungkinkan anda dapat mengukur efektifitas iklan-iklan yang berbeda di ezine yg berbeda-beda tergantung 'target' pembacanya dengan segera tanpa menunggu berhari-hari. Jika
diiklankan secara offline, maka anda biasanya harus menunggu berhari-hari hingga anda menerima respon atas iklan anda.

#4 'Target' Pembaca sudah percaya terhadap Ezine
Para penerbit Ezine telah membangun suatu kepercayaan antara mereka sendiri dengan para pembacanya. Hanya dengan menaruh iklan anda di sebuah Ezine, maka iklan tersebut akan lebih enak
dibaca karena muncul dalam terbitan yang mereka sukai dan percayai.

Bahkan akan lebih berhasil lagi jika penerbit/editor menambahkan testimonial secara pribadi terhadap produk Anda yg dipasang! Semua ini membuahkan penjualan kepada anda.

5# Persaingan sedikit kurang
Iklan di Ezine harus mengikuti peraturan yang ada yang diberikan oleh penerbit, sehingga semua pemasang iklan harus mematuhi peraturan yg dibuat oleh si penerbit. Seperti misalnya, tidak lebih dari 4 atau lima baris. Jadi siapa yang dapat menjual lebih banyak adalah mereka yang sanggup memiliki kecakapan dalam hal "sales copywriting" yg emosional. Sedangkan media cetak offline mengizinkan ratusan iklan dengan besar yang berbeda-beda tergantung kemampuan uang yang Anda miliki, artinya mereka yang memiliki uang yang besar maka akan besar iklannya dan akan lebih menarik mata pembaca.

6# Biaya sangat hemat namun efektif
Iklan dalam Ezine bukan hanya efektif, tetapi juga sangat terjangkau. Sangat jarang Anda rugi, paling tidak Anda mendapatkan 'break even' dari penjualan melalui pemasangan di Iklan ezine.

(utk lihat biaya iklan di ezine kami lihat di url :
http://www.bjoconsulting.com/iklan_ezine.htm 

7# Bonus bagi kolomnis
Bahkan beberapa ezine menawarkan atau membuka peluang bagi siapa saja yang menulis atau menyumbangkan artikel dapat memperoleh iklan baris pada akhir tulisannya, dengan menuliskan sedikit bio di bawahnya. Dan ini pasti bonus bagi Anda untuk
meningkatkan 'traffic' dan membangun 'brand' dari bisnis internet Anda.



5. Informasi Buletin, dan Langganan


Bila Anda ingin memberikan komentar, atau ingin memberikan tulisan artikel menarik ttg eMarketing, silahkan gunakan email ini sbg korespondensi, email : subscription@bjoconsulting.com 

dan BONUSnya, akan kami berikan link ke produk/bisnis online
Anda. Kami tunggu.

Untuk berhenti tidak lagi membaca BJO E-Marketing Bulletin, silahkan kirim email kosong Anda ke :

mailto:berhenti@getresponse.com?subject=unsubscribe

 
 

Copyright © 2001 - 2002, BJO Consulting