E-MARKETING BULLETIN 2001 EDISI 35 

Pesan yg Tepat untuk Orang yg Tepat pada Waktu yg Tepat™

                                                                                       Home  I Pasang Iklan Baris





BobJuliusOnggo

Dalam edisi ini,

[ ] sebagai salah satu pemasar akan dibawa perhatian Anda sehubungan dgn "Apa Saja yg termasuk dalam Pemasaran Internet (PI)", mengingat masih banyak para
pebisnis dan perusahaan menganggap bahwa . . .

Memiliki situs web saja, itu merupakan segalanya dalam hal pemasaran internet atau "go internet". Padahal memiliki situs web saja, itu adalah bagian terkecil dari dunia pema-
saran internet.

Itu hanyalah LANGKAH AWAL saja, karena itu banyak perusahaan HARUS mengetahui apa saja yang tercakup dalam dunia PI.

Karena itu agar rekan bisnis Anda mendapatkan manfaat yg sama! Tolong beritahu link ini :

mailto:bjotips@getresponse.com?subject=eMarketingEzine
 

Salam Kenal,

Putri Paquita
Marketing Officer

Daftar isi Artikel :

Ttg Internet Marketing
"Apa itu Internet marketing?"
PARADIGMA DAN MANFAAT DARI E-BUSINESS (bag.3)
Informasi Bulletin/Langganan

Bagi Anda para pembaca baru silahkan lihat artikel-artikel e-marketing sebelumnya di situs kami silahkan klik di sini.

 

Jumlah Pembaca:
3422 orang

JADWAL DARI E-MARKETING COURSE (Batch IX):

  • TARGETED DIRECT EMAIL MARKETING STRATEGY?"
    di Jakarta
    - (24 Juli  2002) pukul
    10.00 -15.00 

    untuk informasi klik di sini!

Course Leader: 
Bob Julius Onggo

Pendaftaran Online, silahkan klik di sini!

* Jumlah peserta dibatasi

-----------------
"Telah terbit majalah InfoNet wajah baru, berikut CD-InfoNET
Tutorial Interaktif. Dapatkan di seluruh TB. Gramedia dan
Agen-agen di kota Anda
".
------------------

TTG GENERAL e-MARKETING

"Apa itu Pemasaran Internet (PI)?"
--- Oleh Bob Julius Onggo

Ya Anda harus tahu tentang konsep dan ruang lingkup dari "Pemasaran Internet". Kebanyakan dari perusahaan mengira bahwa situs web adalah segalanya dalam dunia pemasaran di internet, padahal situs web hanyalah bagian kecil dari pemasaran di dunia maya. Banyak perusahaan termasuk di Indonesia sebenarnya mampu dan memiliki budget untuk melakukan itu, namun sayang sekali mereka tidak kompeten untuk melakukan itu, namun mereka berupaya menjangkau dunia online HANYA dengan metode pemasaran tradisional.

Selain itu situs web BUKANLAH segalanya dalam Pemasaran Internet, itu hanyalah bagian terkecil dari PI.

Menurut Lennart Svanberg, Presiden dari World Association of Internet Marketers, semakin banyak perusahaan akan 'go internet', dan tidak akan ada perusahaan yg tidak 'go internet' bila mereka tidak ingin punah (walau ini bukan jaminan kalau mereka tidak mengetahui kekuatan dari strategi pemasaran di dunia online).

Pertimbangkan konsep pemasaran tradisional yaitu, Market Segmentation. Segmentasi Pasar "...suatu metode untuk mengenali sekelompok konsumen, di dalam suatu pasar yang lebih luas, yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang mirip."

Nah, sekarang dengan meledaknya pertumbuhan internet, Dunia adalah dan bisa menjadi pasar kita yaitu, "sekelompok konsumen" yg dapat dijumpai secara online.

Untuk dapat mengidentifikasi segmen pasar yg baru ini mengharuskan Anda mengenali dan mengimplementasi berbagai macam strategi dan teknik baru sebagai tambahan dari strategi pemasaran konvensional.

Apa itu Pemasaran Internet (PI)? Bagaimana ini sebenarnya berbeda dengan konsep pemasaran tradisional?

Beberapa di antaranya mencakup perencanaan strategi, analisa situasi, analisa kastemer, pengembangan pasar dan produk, positioning, juga 5P yg berbeda, penetapan harga, distribusi produk dan promosi online.

Akan tetapi memang, banyak dari prinsip, teknik, dan taktik dari PI berakar dari strategi pemasaran tradisional namun dengan implementasi yg berbeda.

Jadi agar promosi dan bisnis internet Anda berhasil, Anda harus mengenal konsep strategi pemasaran konvensional, JANGAN seperti para pelaku bisnis internet kebanyakan dari mereka adalah orang TI yg tidak paham sekali akan konsep pemasaran tradisional sehingga itu juga menyulut keambrukan dari kebanyakan bisnis dotcom murni.

Di samping itu bertambahnya dimensi baru ini yang telah menyatu ke dalam khususnya landscape bisnis internet, itu adalah pemasaran pesan-pesan iklan melalui media promosi Internet jenis classified, promosi berbasis testimonial di situs Web, pemasaran melalui situs pencari, pemasaran dan pembelian berbasis pay per click, viral marketing, affiliate marketing, URL marketing, email marketing, online press releases.

Banyak 'khan ruang lingkupnya!!!

Dengan demikian, seharusnya PI harus dimasukkan ke dalam bagian dari "Marketing Mix" dari setiap perusahaan. Atau intinya Pemasaran Internet didefinisikan sebagai "...kombinasi dari
prinsip pemasaran tradisional dan metode pemasaran interaktif yang diterapkan untuk memenuhi kebutuhan dari kastemer.com."

Karena itu para professional pemasaran tradisional perlu mendapatkan pelatihan tambahan untuk bisa memenuhi dan mengerti kebutuhan dari kastemer.com untuk menjadi e-marketer yang cakap. BUKAN karena mereka orang TI, otomatis mereka bisa berbisnis di Internet.

Sumber informasi dan edukasi saat ini dalam bidang pemasaran Internet di Indonesia, Anda bisa menjumpainya di http://www.bjoconsulting.com  yg spesialisasi di dunia pemasaran
elektronik, internet dan mobile.

Karena itu disarankan agar perusahaan-perusahaan di Indonesia juga harus menekankan dunia pemasaran yg satu ini, paling tidak idealnya, harus ada staf pemasaran yg didedikasikan khusus untuk konsumen online walaupun mereka pun harus disinergikan antara off dan online. 

Juga harus dibedakan bahwa PI itu harus dilakuan oleh orang-orang marketing yg mengerti pemasaran tradisional juga, jadi bukan dilakukan oleh orang-orang dari departemen TI yg tidak mengerti dunia pemasaran secara umum.

Paling tidak orang TI adalah tenaga operasionalnya dan orang marketing adalah komando strategi pemasarannya.

Jadi para e-Marketer harus mengomandani para pakar teknologi dan grafis, karena mereka tidak tahu menahu bahkan konsep pemasaran tradisional apalagi prinsip pemasaran online yg terkandung di dalamnya, karena mereka hanya melihat dari sisi teknologi saja bukan pada sisi bagaimana menggunakan teknologi untuk bisnis dan pemasaran serta promosi untuk memenuhi kebutuhan dari kastemer.com dan menghasilkan keuntungan.

Karena itu sudah saatnya tim marketing Anda mengetahui dan belajar banyak tentang Pemasaran Internet ini untuk dijadikan satu dengan seluruh "Marketing Mix" perusahaan di mana Anda bekerja.

 
 
PARADIGMA DAN MANFAAT DARI EBUSINESS (BAG.3)
 

Minggu lalu kita sudah banyak membahas tentang salah satu manfaat Internet dalam bidang edukasi yakni soal belajar jarak jauh. 
Kini kita akan menyimak bagaimana ruang dan waktu dijabarkan dalam dunia Internet, sebagain dari pembaca mungkin belum pernak mengenal istilah Swatch Beat atau istilah Biel Mean Time. 
Mari kita simak lebih jauh soal ruang dan waktu ini.

Alasan kesuksesan di Internet sangat jauh berbeda dengan yang biasa kita dapati dalam bisnis di masa lampau. Dapat diumpamakan bahwa hal ini bukan lagi persoalan seekor ikan besar yang menelan ikan kecil atau pelari yang lebih cepat mengalahkan pelari yang lebih lamban. 
Dalam masyarakat informasi, lebih banyak pengetahuan menciptakan lebih banyak tawaran daripada yang kurang terinformasi. Pengetahuan adalah mutu dan tempat arahan bagi dunia bisnis.. 
Nicolas Hayek, presiden dari Swatch Group yang memproduksi jam tangan "Swatch" yang sangat sukses, telah berhasil menciptakan standar waktu yang baru. Ketimbang membagi waktu dalam 24 jam, dalam Internet, satu hari dibagi menjadi 1.000 Swatch Beats. Waktu Internet ini menggunakan garis bujur sendiri, Biel Mean Time (BMT), yang diambil dari nama sebuah kota di Swiss. Satu Swatch Beat sama dengan 86,4 detik.
Meskipun banyak orang bisa jadi berpikir bahwa waktu Internet ini hanya sebuah lelucon, ini mempengaruhi cara kerja yang dilakukan di era digital ini. Dari pada hanya melayani kastemer Anda dari jam sembilan hingga jam lima, dengan sistem waktu ini para kastemer 
dapat dilayani sepanjang waktu, saat kapan saja mereka memerlukan produk atau layanan. Zona waktu dan batas-batas geografis tidak berarti lagi. Sewaktu seseorang bekerja dengan jarinya, segala sesuatunya segera tersedia saat ini juga. Meskipun zona waktu tersebut penting bagi seseorang untuk berkomunikasi dengan yang lain, hal ini sudah tidak relevan lagi bagi bisnis. Tidak soal jam lima di Boston atau jam sepuluh di Nairobi, para kastemer 
di Internet selalu ingin mendapatkan barang, informasi atau layanan yang mereka telah minta.
Melalui Internet, segala sesuatunya saling berkaitan, menghasilkan waktu respon yang nyaris nol dan nyaris tak berjarak. Seraya gerak laju Internet dari hari ke hari semakin cepat melalui hasil penemuan dan program baru, seperti penemuan Internet 25 di Amerika Serikat, setiap perusahaan harus bergerak lebih cepat dari pada pesaingnya dan berupaya agar jangan ketinggalan dengan pesaingnya. Jarak, ukuran dan kecepatan menjadi tidak relevan lagi. 
Agar bisa sukses, perlu pelayanan yang lebih baik daripada kompetisi tersebut. Mutu layanan menjadi faktor sukses yang utama.
Melalui Internet, siapapun dapat menawarkan segala macam barang atau jasa dengan lebih cepat dan singkat. Karena setiap orang mampu bergerak dengan cepat, tidaklah perlu mencoba untuk lebih cepat dari pada pesaingnya. Pilihan tidak lagi dibuat berdasarkan faktor-faktor yang disebutkan di atas, namun terutama atas dasar merek yang 
bernama baik dan berkualitas baik pula. Hal ini memudahkan seseorang untuk mendapatkan kastemer. Sebaliknya daripada memilih produk terbaik secara objektif, mereka memilih produk yang terbaik secara subjektif.
Internet menjembatani ketiga dimensi dunia ini dan waktu menjadi satu titik, Semua kastemer menguasai bidang mereka masing-masing, sehingga perlu pendekatan yang lebih terarah sewaktu menawarkan barang,informasi atau jasa secara online. Melalui pendekatan yang lebih bersifat pribadi (personalisasi), ruang lingkup Internet menjadi nampak berbeda seorang dengan yang lainnya. Internet senantiasa berubah;sehingga Anda pun harus senantiasa berubah. Sebagai contoh, produk, ide dan harga berubah menjadi lebih cepat daripada sebelumnya. 

 

 
SPONSOR BARIS
 

Butuh Pelayanan Terjemahan atau Jasa Interpreting? 
Hubungi kami!  karena kami memiliki pelayanan terjemahan ke dalam 10 (sepuluh) bahasa yang sering dipakai oleh kalangan bisnis, untuk informasi lebih jelasnya silahkan Klik di sini! atau singgahi situs web kami di http://www.obeqa.com 

----
It's Wega Time! Rebut 10 Sony Personal Home Theatre, 40 SONY Play station, 100 Sony Ericcson HP CMD - J70. Untuk keterangan lebih lengkap, kunjungi Dealer resmi SONY terdekat di kota Anda

---
Dijual IBM ThinkPad with Leather Bag, Pentium 1 EL760El;120 Mhz with external floppy and internal CD-ROM, Price per unit is SGD$450.00, Pls contact me (Att: Mr Max at: lubeoil2001@hotmail.com

 

 
 

INFORMASI BULLETIN E-MARKETING, Sponsor dan Langganan

Kenapa Anda tidak beriklan di sini? Manfaatkan media ezine ini sbg sarana Anda beriklan, dapatkan informasinya di klik di sini!

Komentar Anda mengenai bulletin ini akan kami hargai, silahkan masukkan komentar Anda kepada kami (jika ada), e-mail : subscription@bjoconsulting.com  

Untuk berhenti berlangganan silahkan klik di sini! 

 
 
 

Copyright © 2001-2002, BJO Consulting Group