E-MARKETING BULLETIN 2001 EDISI 24 

Pesan yg Tepat untuk Orang yg Tepat pada Waktu yg Tepat

                                                                                       Home  I Pasang Iklan Baris

Salam  ,

Tahun 2002 tanpa terasa sudah kita jejaki, dan tanpa terasa pula, persaingan semakin ketat, di samping adanya berbagai kesimpangsiuran akan kondisi bisnis di Indonesia khususnya menyusul peristiwa WTC, 11 September 2001. 

Namun terhitung mulai bulan januari 2002 pula kami mulai mengimplementasikan 2 (dua) pelayanan baru kami bagi para pembaca kami, yaitu :

  1. Classified Ads (iklan baris), dengan ini Anda pun dapat menaruh iklan produk/jasa Anda secara gratis, klik di sini!
  2. Online Forum (diskusi online), dengan pelayanan ini, memungkinkan sesama pemasar dan pebisnis yang sekaligus pembaca buletin kami dapat saling bertukar informasi dan berdiskusi, klik di sini!

Silahkan Anda memanfaatkan pelayanan baru yang dirancang bagi Anda.

Salam hormat,

Bob Julius Onggo
E-Business, Country Director

  Daftar isi minggu ini:

Tip E-Marketing
"Apa Gerangan Email Marketing?" 
Sponsor Kedua
Web Content Management Course
Teknologi Web (bag.11)
Artikel E-Marketing
"Konsep dari Targeted Email Marketing
(bagian 1)
Free Download Minggu Ini
- Salah satu jenis ebook yg menarik
Internet News
- Update untuk Exchange Server 2000
- Penggunaan Enkripsi Email 
- Windows XP Smart Tags
Sponsor Baris
Informasi Bulletin E-Marketing

Bagi Anda para pembaca baru silahkan lihat artikel-artikel e-marketing sebelumnya di situs kami silahkan klik di sini, dan bila Anda yakin informasi yang diberikan di sini berguna, silahkan juga beritahukan teman-teman bisnis Anda tentang buletin yang Anda baca ini.

Jumlah Pembaca:
2623 orang

E-MARKETING COURSE
dengan tema :

"TARGETED
E-MAIL
Marketing Course"
 
16 Jan 2002 (Rabu)
8 Feb 2002 (Jumat)

Jam : 10.00 - 16.00
Lokasi : Menara Peninsula - Jakarta 
sudah termasuk :
 - Buku 
 - Lunch
 - Coffee Break
 - Sertifikat
 - E-Marketing Kit

Dibatasi hanya 10 peserta!

Course Leader: 
Bob Julius Onggo

Pendaftaran online di situs kami atau hubungi kami via e-mail untuk minta brosurnya, silahkan Klik! 
Ingin tahu apa komentar mereka mengenai kursus ini? silahkan klik di sini.

TIPS E-MARKETING

"Apa Gerangan Email Marketing?"
-- Oleh Marlon Sandro

Secara umum email marketing mencakup segala bentuk pemasaran yang melibatkan penggunaan email. Email Marketing tidak sama dengan Spamming (tindakan mengirimkan email kepada ribuan orang yang tidak meminta). Email marketing mulai dari pekerjaan yang besar seperti mengirimkan newsletter (buletin) atau email discussion list hingga pekerjaan yang sederhana termasuk membubuhkan signature pada seluruh email yang Anda kirim.

Setiap email yang Anda kirim dapat dianggap sebagai bagian dari aktivitas email marketing. Entah itu adalah email penjualan, newsletter (buletin) atau yang dalam bahasa inggris disebut ezine, atau email dari bagian support atau pun sebagai email tindak lanjut (follow-up) atau email yang menanyakan sesuatu; kapan saja Anda berhubungan dengan orang-orang yang telah setuju untuk berkomunikasi via email mengenai bisnis Anda. Jadi ini adalah aktivitas yang sangat erat berhubungan dengan bisnis Anda. Dan segala yang ada hubungannya dengan bisnis Anda harus melibatkan pemasaran. Nah sekarang seberapa efektifkah pemasaran berbasis email marketing? tips ini akan kita kupas dalam edisi berikutnya.

 
 
SPONSOR KEDUA
 
Bila Anda membutuhkan penerjemahan surat-surat bisnis, buku manual, sura-surat perjanjian, akte perusahaan, dan segala pekerjaan perusahaan yang berhubungan dengan penerjemahan ke dalam bahasa Inggris, Perancis, Jerman, dan Belanda? Hubungi kami di translation@obeqa.com dengan Pak Chandra Saputra. Anda bisa pilih Sworn Translation atau Business Translation, atau lihat di http://www.obeqa.com/translation/terjemahan.htm 
 
 
WEB CONTENT MANAGEMENT COURSE - Teknologi Web (bag.11)
Contoh-contoh penggunaan VRML dapat dilihat pada contoh Siemens KWU di jerman (http://www.siemens.de/kwu/e/) yang menggunakan VRML untuk mempercepat pengembangan pembangkit tenaga yang baru. Pembangkit tenaga nuklir yang baru yang disebut sebagai EPR (European Pressurized Water Reactor) dibangun menggunakan internet sebagai sarana komunikasi dan VRML sebagai standar visualisasi. Siemens melakukan pertukaran informasi mengenai hal-hal yang baru di dalam pembangkit tenaga nuklir tersebut dengan para kastemernya sekaligus mitra produksinya. Web Client memungkinkan melakukan penjelajahannya ke seluruh pembangkit tenaga nuklir maya ini dan memilih unsur-unsur tertentu untuk mendapatkan informasi tertentu pula. Nah menariknya setelah beberapa unsur tertentu dipilih, dokumen terbuat dari CAD dapat didownloadnya kemudian dievaluasi. Siemens KWU hanya membuat rancangan kasarnya saja dari pusat pembangkit tenaga tersebut dan membiarkan mitra kerja tertentu yang mengembangkan rancangan tersebut. 

Kemudian setelah salah satu mitra kerja mengusulkan rancangan tertentu dari suatu bangunan ke pihak Siemens, setiap orang yang terlibat dalam tahap konstruksi dapat memastikan bahwa semua komponen telah terpasang seluruhnya dengan cara yang benar pula, misalnya apabila beberapa pipa ternyata tidak pas. 

Kemudian setelah membuat pembangkit tenaga maya di dunia internet, sistem yang sama pula dapat digunakan untuk memperlihatkan kepada para calon kastemer, misalnya seperti apa bentuknya suatu pembangkit tenaga apabila sudah selesai dibangun. Nah dalam kasus ini yang jelas VRML tidak cocok untuk situs jualan maupun menangani pembayaran. Hal ini tentu karena hanya kastemer tertentu saja yang memang berminat untuk melakukan kontrak dan juga tidak adanya harga pasti untuk sub-sub proyek tertentu ataupun kemudian membelinya dengan kartu kredit. (Bersambung) 

 
 
ARTIKEL E-MARKETING
 

"Konsep dari TARGETED EMAIL MARKETING? (bag.1)"
-- Oleh Bob Julius Onggo

Banyak perusahaan dan organisasi menggunakan email marketing untuk memberikan informasi via email kepada kastemer, klien, mitra bisnis, prospek, dan para langganannya. Istilah email marketing mengacu ke seluruh perangkat proses, strategi pemasaran dan pesan email, data, dan teknologi yang memungkinkan komunikasi ini. 

Email marketing kadang-kadang memang disalahartikan yaitu mengacu pada suatu tindakan mengirimkan pesan-pesan pemasaran yg terus terang atau blak-blakan via email karena memang murah yang disebut juga bulk email atau unsolicited email/spamming. Akan tetapi, email marketing dapat mencakup komunikasi apa pun yang dikirimkan melalui email oleh suatu perusahaan atau organisasi. Suatu perusahaan yang mengirim email yang berisi target penjualan dan pemasaran yang dihubungkan dengan setiap pesan email. Namun sebaliknya daripada sekadar berbunyi "beli sekarang!", pesan-pesan email tersebut dapat dimanfaatkan untuk memupuk suatu hubungan komunikasi bisnis jangka panjang dengan kastemer. 

Penjelasan berikut melukiskan pada berbagai sifat dari email marketing. Agar lebih enak, saya memilih menggunakan kata kastemer untuk mengacu ke klien, mitra bisnis, prospek, langganan, dan siapa pun yang dikirimi komunikasi via email oleh suatu perusahaan. 

Contoh dari Email Marketing 

Sebelum kita masuk ke penjelasan yang lebih terperinci, saya akan mengajak Anda dahulu melihat suatu contoh dari program email marketing yang ada. Program email marketing tersebut adalah program yang dibuat oleh CDNow. Nah silahkan Anda masuk ke situs web CDNow. 

CDNow adalah perusahaan online yang bergerak di bidang musik retail. Kastemer dapat mendaftarkan diri mereka pada situs web CDNow untuk mendapatkan berita musik secara berkala, ataupun penawaran khusus. Pada waktu kastemer mengisi formulir yg terdapat di situs web tersebut, mereka dapat mengisi pilihan seperti musik apa yang mereka sukai, jenisnya dan frekuensi komunikasi via email yang mereka kehendaki per minggu atau per bulan, dan informasi lainnya. Karena itu secara tetap tentu, CDNow mengirimkan pesan-pesan email personalisasi berdasarkan informasi ini. Misalnya, seorang kastemer yang menyatakan minatnya pada dunia musik dan rilis baru akan menerima pesan-pesan email tinjauan dari album musik baru dari seluruh dunia. 

Bukan Spam, Namun Sudah Mendapat Persetujuan (permission-based

Salah satu sifat utama dari email marketing adalah atas dasar persetujuan/izin. Kastemer secara terus terang melakuan registrasi ("opt-in") untuk menerima pesan email. Setelah registrasi, resipien pun dapat berhenti keluar dari "opt-in" tersebut (unsubscribe). Sifat inilah yang membedakannya dari unsolicited email, yang secara umum disebut sebagai spam. Email marketing adalah suatu aktivitas mengirimkan pesan-pesan komunikasi yang dilakukan oleh suatu organisasi kepada mereka yang mau mendengarkan atau siap menerima berita dari organisasi tersebut. 

Tujuan dari Email Marketing 

Tujuan keseluruhan dari email marketing adalah untuk membangun suatu kemitraan antara suatu organisasi dengan para kastemernya di mana kedua belah pihak mendapatkan manfaat timbal balik dari pertukaran informasi ini. Program email marketing yang berhasil adalah program yang memenuhi kedua tujuan dari organisasi tersebut maupun kebutuhan dan keinginan dari para kastemernya. 

Agar berhasil suatu organisasi harus membangun dan memperkuat hubungan komunikasi bisnisnya dengan para kastemernya. Hal ini tentu saja menggunakan media komunikasi khususnya email karena lebih efisien, cepat, dan biaya lebih terjangkau untuk mempromosikan suatu merek, mendapatkan kastemer, mempertahankan suatu bisnis, dan saling menjual produk. Dan sekaligus hal ini dapat memenuhi tujuan kuantitatif seperti meningkatkan jumlah pengunjung, kastemer baru dan pendapatan tentu saja. 

Program email marketing yang berhasil memastikan bahwa komunikasi yang keluar itu harus sesuai dengan kebutuhan dan keingian dari para kastemer. Tujuan spesifik dari para kastemer bisa jadi memang bervariasi. Tujuannya bisa jadi mulai dari menerima informasi yang bersifat menghibur, atau berhubungan dengan karir pekerjaan, atau suatu advis mengenai suatu topik tertentu yang menjadi minat mereka. Kemudian peraturan apa yang jangan dilupakan dalam melakukannya? dan apakah perusahaan Anda harus melakukannya? Ini akan dibahas pada edisi berikutnya.

 
 
FREE DOWNLOAD MINGGU INI
 


Kalau Anda masuk ke http://www.mrfire.com/spirit/index.html
Anda akan mendapati bahwa ini merupakan ebook yang bagus 
dengan beberapa teknik yang sedikit unik. Ini bukan untuk
di-download, akan tetapi dapat di-copy dan di-paste di program
penyunting teks Anda untuk bisa dibaca dan dicetak kemudian.
  
 

 
 
E-BUSINESS Report oleh Julio Asto
 

Update untuk Exchange Server 2000

Microsoft telah mengeluarkan versi update dari program sistem emailnya yang 
terdapat pada Exchange Server 2000 nya. Dengan adanya fitur tambahan baru yang diperkenalkan pada Outlook-nya dan administrative tool-nya. Memang Microsoft sering secara berkala mengeluarkan updatenya yang disebut dengan service pack yang
tujuannya adalah sebagai update pada software-software yang telah mereka keluarkan.

Hati-Hati dalam menggunakan enkripsi email

Sistem standar enkripsi yang tidak sempurna pada email bila tidak berhati-hati dapat dipalsukan oleh si penerima email untuk memberi kesan bahwa email yang telah dia terima dan kemudian ia kirimkan seolah-olah berasal dari si penerima email tsb. Hal in dimungkinkan karena standar enkripsi memungkinkan Anda membubuhkan tanda tangan digital pada semua email yang keluar, namun dapat dibuat seolah-olah si B yang menerima email tersebut adalah pihak yang membuat email tsb hanya karena mem-forward-nya. adalah bahasa spanyolnya untuk anthrax. Namun kabar terakhir bila ada virus kami akan beritahukan kepada Anda.

Windows XP Smart Tags

Microsoft telah merencanakan untuk tidak memasukkan Smart Tags  dari versi windows XP yang diluncurkan akhir tahun 2001 hingga awal 2002. Smart Tags adalah suatu teknologi yang dapat mengubah perilaku jutaan orang-orang pada umumnya yang suka menjelajah situs web. Redmond, perusahaan yang berbasis di Washington memang tadinya menyertakan Smart Tags di versi percobaan yang telah diluncurkan sebelumnya dari Windows XP (sistem pengoperasian baru dari windows). Jadi akhirnya tidak diluncurkan dan tidak disertakan di versi terakhir dari XP pada akhir tahun 2001. 

 
 
SPONSOR BARIS
 

LAN-NETWORKING
Bila perusahaan Anda belum memiliki jaringan LAN-Intranet, Kami memiliki solusi dengan harga paket LAN-Intranet paling terjangkau, berikut ini adalah fasilitas yang sudah termasuk di dalamnya, : Integrated LAN connection, file sharing/collaboration, E-mail server, Web server, File Transfer, Manageability, unlimited e-mail, discussion group, mailing list, atau web hosting maupun individual/group homepage dari tiap-tiap departemen, dsb tanya kami di anton.lee@obeqa.com atau cek di http://www.obeqa.com 

Kesehatan
Kesehatan adalah harta terbesar setelah kehidupan, seberapa pentingkah Anda memandang kesehatan? Tanpa kesehatan kita tidak dapat melakukan apa saja, karena itu simak konsultasi kesehatan yang dapat Anda baca langsung di inbox email Anda dengan berlangganan ke mailto:subscription@healthlivingtips.com?subject=subscribe?bjo atau singgah di situs kami di http://www.healthlivingtips.com 

Proyektor
Jika Anda membutuhkan peralatan presentasi berupa Proyektor, layar dan sejenisnya, daripada beli, mengapa tidak menyewa saja ke kami? Untuk informasi serta harga yang kompetitif, silahkan hubungi kami dengan Pak Jerry di : rental@obeqa.com atau di HP kami di 0815 9965900

Belajar Bahasa Inggris GRATIS
Dapatkan Buletin singkat berisi tips dalam berbahasa Inggris. Tips di situ akan mengupas mulai dari sisi tata bahasa dan penggunaan frase idioms, dan sejenisnya silahkan dapatkan buletin tsb via email Anda ke mailto:englishezine@obeqa.com?subject=subscribe    

Lain-lain
Melampaui Impian Menerobos Teknologi; Inovasi terbaru dari Crystal, VCD player dengan kemampuan membaca ratusan permainan dalam satu CD GAME dan menikmati kesempurnaan suara MP3. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi http://www.crystal-indonesia.com 

 
 

INFORMASI BULLETIN E-MARKETING

Tahukah Anda profil dari para pembaca buletin ini? Mengapa tidak manfaatkan buletin ini untuk meningkatkan penjualan atau promosi produk Anda atau ketiga dari perusahaan Anda di sini? Silahkan hubungi kami di mailto:info@bjoconsulting.com?subject=sponsor_newsletter  
atau kunjungi situs kami, klik di sini!

Beritahukan teman-teman bisnis Anda untuk memanfaatkan buletin ini untuk menambah wawasan e-marketing mereka melalui link e-mail di bawah :
mailto:subscription@bjoconsulting.com?subject=E-Marketing-Ezine-b
  

Komentar Anda mengenai bulletin ini akan kami hargai, silahkan masukkan komentar Anda kepada kami (jika ada), e-mail : subscription@bjoconsulting.com  

Untuk berhenti berlangganan silahkan klik di sini! 

 
 
 

Copyright © 2001-2002, BJO Consulting Group